Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips 6 Makanan dan Minuman untuk Musim Dingin

Bisnis.com, JAKARTA Januari sampai Februari adalah momentum cuaca dingin hampir diseluruh bagian dunia. Baik yang tipikal daerahnya tropis maupun subtropis. Bila yang di wilayah tropis hawa dingin datang dari tingginya curah hujan, sedangkan di subtropis, salju menjadi pendingin suasana warga setempat.
Surya Rianto
Surya Rianto - Bisnis.com 31 Januari 2015  |  12:31 WIB
Sop - meatland.net
Sop - meatland.net

Bisnis.com, JAKARTA – Januari sampai Februari adalah momentum cuaca dingin hampir di seluruh bagian dunia. Baik yang tipikal daerahnya tropis maupun subtropis.

Bila yang di wilayah tropis hawa dingin datang dari tingginya curah hujan, sedangkan di subtropis, salju menjadi pendingin suasana warga setempat.

Nah, seperti dilansir Mashable, berikut enam tips makanan dan minuman yang sesuai untuk musim dingin seperti saat ini.

Sup hangat

Ketika cuaca dingin, sup hangat memang paling bisa diandalkan agar suhu tubuh tetap stabil. Apalagi, bila kuah supnya menggunakan kaldu alami yang bisa membantu meningkatkan daya hidrasi tubuh.

Hindari Minuman Beralkohol

Ada mitos yang masih berlaku sampai sekarang bahwa minuman beralkohol bisa menghangatkan tubuh. Tapi, ternyata itu salah, bila ingin menghangatkan tubuh justru minuman alkohol harus dihindari.

Pasalnya, minuman beralkohol tidak menjaga tubuh menjadi hangat, tapi justru sebaliknya minuman beralkohol malah menurunkan suhu inti tubuh peminumnya. Justru, ketika sedang kedinginan dan meminum alkohol malah berpotensi hiportemia. Jadi, ketika cuaca dingin lebih baik hindari minuman beralkohol.

Omega 3 dan asam lemak seperti Ikan

Makan-makanan yang mengandung Omega 3 dan asam lemak seperti ikan dan kacang-kacangan bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga secara bertahap bisa memberikan kehangatan kepada tubuh manusia.

Beraktivitas tidak terlalu cepat maupun lambat

Dalam cuaca dingin, disarankan tidak terlalu beraktivitas dengan bergerak terlalu cepat. Meskipun, dengan bergerak lebih cepat akan meningkatkan aliran darah dan membuat tubuh lebih hangat, tapi hal itu bisa membebani jantung dan kehangatan tubuh untuk selanjutnya malah terancam.

Sementara itu, bila terlalu lambat maka tubuh juga gagal mencapai tahap penghangatan. Jadi, disarankan ketika cuaca dingin melakukan aktivitas dengan intensitas yang seimbang tidak terlalu cepat maupun lambat.

Teh jahe

Minum teh jahe bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin mendapatkan kehangatan cepat di tengah musim dingin.

Taburkan Kayu Manis di Oatmeal

Bila Anda suka makan oatmeal, coba tambahkan dengan taburan kayu manis, sehingga ketika dimakan oatmeal akan membantu menghangatkan tubuh. Selain itu, aroma kayu manis  juga meningkatkan selera makan.

BACA JUGA:

10 Obat Alami Mengatasi Bibir Kering & Pecah

Ini Isi Dialog Jokowi & Petani di Ngawi

Bus Tingkat Dianggap Langgar Aturan, Pengadaan Jalan Terus

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musim hujan gaya hidup

Sumber : Mashable

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top