Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jenuh Hadapi Rutinitas? Simak 5 Cara Meningkatkan Relaksasi Diri

Menghadapi rutinitias terkadang menjenuhkan dan bahkan bisa membuat diri stress ketika muncul sejumlah masalah, berikut tips yang dapat dilakukan untuk menambah relaksasi
Gita Arwana Cakti
Gita Arwana Cakti - Bisnis.com 08 Februari 2015  |  07:22 WIB
Menambah relaksasi dalam rutinitias - ilustrasi
Menambah relaksasi dalam rutinitias - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Menghadapi rutinitias terkadang menjenuhkan dan bahkan bisa membuat diri stress ketika muncul sejumlah masalah.

Berikut ini ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk menambah relaksasi menghadapi rutinitias Anda:

1. Pilih Menu Sarapan Sehat

Rencanakan menu sarapan Anda dengan makanan yang lebih sehat. Fokus kepada makanan yang memiliki karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan protein dari seluruh sumber makanan.

 

2. Jauhkan Segala Gadget Saat Tidur

Minum kopi terlalu banyak atau mendekati waktu tidur, tentu akan memperlambat rasa kantuk datang di malam hari. Tapi tak hanya itu, membaca atau bermain gadget (seperti ponsel, tablet, dan gadget lainnya) juga bisa mengganggu tidur.

Penelitian terbaru dari Brigham and Women's Hospital menemukan bahwa paparan cahaya dari gadget  ketika malam hari dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda, dan kesehatan secara keseluruhan. Dari hasil studi dikelahui partisipan yang membaca dari iPad empat jam sebelum tidur akan memperlambat datangnya rasa kantuk di malam hari, serta mengurangi kewaspadaan pada pagi harinya, bahkan setelah dia tidur selama 8 jam.

 

3. Pertanyakan ‘Sugesti’ Anda yang Lama

Emosi bisa menerjang seperti badai. Jika Anda berpikir “Saya pasti stress”. Hal itu mungkin benar, tetapi jika Anda terus meyakini hal itu dapat memicu stress. Kita sebenarnya dapat mengelola emosi, misalnya dengan mencairkan suasana, arahkan perhatian ke hal lain di sekitar Anda, atau memang harus menerimanya. Dengan melakukan refleksi, Anda akan melihat bagaimana keyakinan diri membawa emosi Anda. Anda bisa “bersahabat” dengannya dan membiarkan stress itu pergi.

 

4. Ganti Kebiasaan Buruk dengan Kebiasaan Baik

Rahasia untuk mengurangi stress adalah dengan mengisi kehidupan dengan kebiasaan yang baik. Bukan hanya mereplikasi kebiasaan orang lain tetapi juga menciptakan kebiasaaan sendiri. Misalnya saja, Anda gemar untuk menikmati cemilan saat menonton televisi atau setelah makan malam. Tambahkan hal yang dapat menyenangkan Anda. Misalnya luangkan waktu 15 menit setelah makan dengan menikmati cemilan dari wadah yang special. Atau, tambahkan secangkir teh kesukaan Anda ketika menonton televise. Atau Anda bisa menghubungi teman untuk sekedar bercerita.

 

5. Berdiri dan Gerakkan Tubuh Anda

Stress bermula dari pikiran Anda, tetapi itu tidak akan tetap berada disana. Anda mungkin berpikir jika hanya duduk berjam-jam tidak akan membuat Anda stress. Tetapi tubuh Anda di design untuk bergerak dan tidak hanya duduk sepanjang hari. Biasakan untuk menggerakan diri Anda, berdiri atau berjalan setiap setengah jam atau setidaknya sejam sekali. Dengan menggerakkan tubuh, ketegangan otot bisa berkurang dan itu akan membuat diri Anda merasa lebih baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan pengelolaan emosi stress

Sumber : huffington post

Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top