Raja Ampat di Papua/Antara
Travel

4 Lokasi Menyelam Terbaik di Indonesia

Agnes Savithri
Sabtu, 21 Maret 2015 - 21:56
Bagikan

4. Raja Ampat, Papua

Nama Raja Ampat berasal dari mitos lokal yang mengacu kepada empat pulau, yakni Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno. Raja Ampat menjadi salah satu destinasi favorit untuk menyelam baik bagi turis lokal dan turis asing.

Raja Ampat merupakan wilayah yang keanekaragaman hayatinya sangat variatif dan kaya. Terdapat sekitar 1.320 spesies ikan di perairan Raja Ampat. Tidak hanya itu, diperkirakan 75% dari total spesies karang dunia ada di Raja Ampat. Hingga saat ini tercatat sekitar 600 jenis karang, 57 spesies udang mantis, 13 spesies mamalia laut, 5 spesies penyu laut langka, dan 27 spesies ikan yang hanya bisa Anda temui di perairan ini.

Untuk menuju ke Raja Ampat, Anda dapat menggunakan beberapa alternatif perjalanan. Pertama Anda bisa melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Sorong dengan mengganti penerbangan di Makassar atau Manado. Dari Sorong terdapat kapal feri menuju Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat yang terletak di Pulau Waigeo.

Alternatif lain, Anda bisa melakukan penerbangan dari Bali dengan rute yang sama menuju Sorong. Paket yang ditawarkan untuk wisatawan sangat beragam, baik yang ingin menyelam atau hanya ingin berjalan-jalan.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Raja Ampat selain menyelam, seperti berlayar, melihat burung cendrawasih khas Papua, dan menjelajahi pulau-pulau menggunakan kapal. Anda bisa mengunjungi Raja Ampat kapan saja. Disarankan pada bulan Oktober atau November, karena masa tersebut laut sedang tenang sehingga bagus untuk diabadikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Nancy Junita
Sumber : Indonesiatravel.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro