Gunung Tambora/wikipedia.org
Travel

Ini 5 Jalur Menuju Gunung Tambora

Dimas Novita Sari
Minggu, 12 April 2015 - 15:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar acara Tambora Menyapa Dunia dengan berbagai kegiatan untuk mendukung event tersebut.

Tidak hanya pada April saja, kegiatan dipusatkan. Hingga Agustus mendatang pun masih banyak kegiatan yang akan digelar  dalam rangka memperinggati 200 tahun meletusnya gunung merapi yang terletak di Kabupaten Dompu, NTB itu.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi festival tersebut, terdapat beberapa pemilihan rute jalur laut Untuk mencapai Gunung Tambora dengan jarak tempuh yang berbeda-beda.

Dari rute tersebut, calon pengunjung Gunung Tambora melakukan persinggahan akhir di Pelabuhan Calabai, Dompu, NTB. Dikutip dari situs resmi pariwisata Indonesia Wonderful Indonesia, Minggu (12/4/2015), berikut rute jalur laut tersebut.

1. Jika anda langsung tiba di Sumbawa, anda bisa langsung ke Labuhan Bua kemudian menuju Calabai dengan perjalanan selama 8,5 jam dengan jarak 49 mil.

2. Namun, bagi anda yang tidak ingin langsung ke Calabai dari Labuhan Bua, anda bisa mampir dulu ke Teluk Saleh yang berjarak 61 mil dengan jarak tempuh 8 jam. Setelahnya untuk mencapai Calabai, anda tetap harus ke Tanjung Pengamas melalui perjalan laut dengan jarak 30 mil dan waktu tempuh 4 jam.

3. Sementara itu, untuk anda yang menggunakan pesawat menuju Lombok dan tiba di Bandara Internasional Lombok, anda harus mendatangi Pelabuhan Kayangan untuk memulai perjalanan menuju Gunung Tambora melalui tol laut Kabupaten Sumbawa. Kayangan ke Labuhan Bua ditempuh dengan waktu 1,5 jam berjarak 33 mil.

Setelahnya anda dapat melanjutkan ke Tanjung Pengamas dengan waktu tempuh 3 jam dan jarak 21 mil. Perjalanan masih panjang. Anda harus kembali menyambung kapal menuju Teluk Saleh  yang berjarak 40 mil dan waktu tempuh 5 jam. Setelahnya, dari Teluk Saleh ke Calabai anda hanya harus menyelesaikan perjalanan laut sepanjang 37 mil dengan waktu tempuh 4 jam.

4. Jika rute di atas terasa terlalu panjang, akan tetapi anda ingin mencoba singgah ke titik-titik tersebut, anda bisa memendekkan jarak tempuh dengan melangsungkan perjalanan dari Kayangan ke Tanjung Pengamas. Rute itu akan memakan waktu 7 jam dengan jarak 54 mil. Selanjutnya anda bisa mengikuti arah yang sama dengan rute perjalanan sebelumnya.

5. Namun, bagi anda yang ingin langsung sampai ke Gunung Tambora dan tidak singgah dibanyak tempat. Anda bisa langsung mengambil perjalanan laut dari Kayangan ke Teluk Saleh dan berlanjut ke Calabai. Kayangan ke Teluk Saleh akan ditempuh dengan waktu 12 jam dan jarak 94 mil. Sementara itu untuk perjalanan langsung dari Kayangan ke Calabai yakni 82 mil dengan waktu tempuh 10,5 jam.

Untuk dapat mendukung tol laut tersebut, Pemkab Sumbawa juga meningkatkan sarana dan prasarana pelabuhan dalam rangka mendukung festival internasional tersebut.

Pada Labuhan Bua sarana dan prasaran yang tersedia yakni dermaga, tempat pelelangan ikan, dan kapal kurang dari 5 GT sebanyak 5 unit kapal.

Kemudian untuk Tanjung Pengamas, fasilitas yang ada lebih lengkap ketimbang Lab. Bua. Selain dermaga dan pastinya pelelangan ikan, di sana tersedia kantor pelabuhan, sarana ibadah, dan air bersih.

Adapun kapal yang tersedia yakni 5 unit kapal kurang dari 5 GT sebanyak 5 kapan, 4 unit kapal lebih besar dari 5 GT, 5 unit kapal wisata bahari, dan 10 kapal penumpang.

Sementara itu, sarana dan prasaranan di Teluk Saleh yakni dermaga, kantor, tempat pelelangan ikan, sarana ibadah, dan air bersih. 30 kapal bego' juga tersedia di dermaga tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro