Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sambut Hari Kartini, Jepara Gelar Festival Kartini

Mengenang Kartini bisa dilakukan dengan cara mendatangi kota lahirnya, di Jepara, Jawa Tengah, sekaligus mengikuti Festival Kartini 2015.
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 18 April 2015  |  15:59 WIB
Sambut Hari Kartini, Jepara Gelar Festival Kartini
Ilustrasi-Perayaan Hari Kartini - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA– Mengenang Kartini bisa dilakukan dengan cara mendatangi kota lahirnya, di Jepara, Jawa Tengah, sekaligus mengikuti Festival Kartini 2015.

21 April merupakan tanggal pengingat bagi seluruh perempuan Indonesia atas perjuangan Kartini membuka jalan emansipasi wanita Indonesia. Kabupaten Jepara di Jawa Tengah, tempat lahirnya pahlawan nasional Kartini, merayakan hari tersebut dengan menggelar Festival Kartini 2015. Festival berlangsung pada 8-21 April 2015.

Hari ini terdapat agenda Seminar Nasional: Membaca Ulang Pemikiran Kartini serta pentas wayang. Juga ada Bumi Kartini Expo 2015 yang dibuka mulai hari ini hingga 20 April. Pertunjukan ketoprak akan digelar pada 19 April), begitu juga dengan Jepara Carnival, sedangkan pada 20 April diselenggarakan Cultural Festival. Lantas, pada 21 April digelar opera Kartini hingga mozaik surat-surat Kartini.

Festival Kartini diharapkan dapat membangkitkan kecintaan pada kebudayaan warisan leluhur Jepara dengan segala produknya. Karena itulah 37 rangkaian kegiatan digelar selaras dengan keinginan tersebut.

Jepara tidak cuma tenar dengan kerajinan ukuran kayu. Kota yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa ini punya beberapa destinasi wisata menarik, seperti Karimunjawa, Pantai Kartini, Pulau Panjang, Pantai Bandengan, dan Air Terjun Songgolangit. Juga ada Pantai Tirto Samudro, Pusat Tenun Ikat Troso, dan Benteng Portugis.

Jejak Kartini di Jepara dapat anda temukan di Desa Pelemkerep, Kecamatan Mayong. Tepat 136 tahun silam Kartini lahir di desa ini. Rumah aslinya memang sudah dibongkar, namun terdapat Monumen Ari-Ari di belakang rumah tersebut sebagai tempat ditanamnya tali pusar Kartini. Monumen terdiri dari Patung Kartini dan bunga teratai, bunga yang disukai Kartini.

Usai mengunjungi Kecamatan Mayong, anda bisa beranjak ke Pendopo Kabupaten Jepara, tempat Kartini menghabiskan masa remajanya saat ayahnya memegang jabatan bupati Jepara. Di sini pula Kartini mencetuskan pemikirannya tentang perempuan, serta memberdayakan masyarakat dengan mendirikan sekolah perempuan.

Tempat yang tak kalah menarik adalah Museum Kartini, letaknya persis di Alun-Alun Kota Jepara. Museum ini memiliki benda-benda bersejarah peninggalan Kartini beserta keluarnya seperti furnitur, mesin jahit, canting, serta berbagai ukiran rotan khas Jepara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepara kartini festival kartini
Editor : Andhina Wulandari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top