Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menderita Insomnia? Coba Teknik Pernapasan 4-7-8

Dr Andrew Weill dari Arizona mengklaim memiliki jurus jitu untuk membantu penderita insomnia tertidur hanya dalam waktu 60 detik. Cara tersebut disebut dengan teknik pernapasan 4-7-8.
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 06 Mei 2015  |  10:20 WIB
Ilustrasi - Popsugar
Ilustrasi - Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA -- Dr Andrew Weill dari Arizona mengklaim memiliki jurus jitu untuk membantu penderita insomnia tertidur hanya dalam waktu 60 detik. Cara tersebut disebut dengan teknik pernapasan 4-7-8.

Dia menjelaskan metode tersebut digambarkan sebagai tranquiliser alami untuk sistem saraf yang membantu mengurangi ketegangan dalam tubuh.

Untuk dapat melakukan teknik pernapasan tersebut, anda harus terlebih dahulu menghembuskan nafas melalui mulut sambil membuat suara 'whoosh'.

Kemudian tutuplah mulut dan mulailah menarik nafas dari hidung secara pelan hingga hitungan keempat. Tahanlah nafas tersebut selama 7 hitungan.

Lalu, buanglah nafas tersebut dari mulut seperti langkah pertama, namun suara 'whoosh' dikeluarkan selama delapan detik dalam satu napas besar. Ambil napas kembali, dan ulangi tahapan-tahapan tersebut tiga kali dengan total empat kali napas.

"Pastikan anda mengambil napas secara tenang melalui hidung dan membuangnya dengan suara melalui mulut," ujar Weill seperti yang dikutip dari Daily Mail, Rabu (6/5/2015).

Dia menjelaskan teknik ini didasarkan pada pranayama yang berarti regulasi pernapasan pada praktik India kuno. Cara bernapas tersebut memungkinkan paru-paru dipenuhi oksigen yang lebih banyak.

Oksigen ekstra tersebut memberikan efek relaksasi pada sistem saraf parasimpatis, yang mengatur rasa tenang. Pasalnya, selama stres, sistem saraf menjadi lebih terangsang seingga menyebabkan kurang tidur.

"Teknik pernapasan 4-7-8 membantu anda untuk mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran yang dapat mengganggu tidur," jelas Weill.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

insomnia
Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top