Hipertensi/health.family.my
Health

Cegah Hipertensi dengan Pola Makan Anda

Tisyrin Naufalty Tsani
Kamis, 14 Mei 2015 - 09:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor resiko utama terjadinya stroke penyakit jantung, dan gagal ginjal. Sayangnya kesadaran masyarakat akan hal ini masih rendah.

Untuk mencegah hipertensi, masyarakat perlu memperhatikan pola makan. Pakar hipertensi sekaligus salah seorang pendiri Perhimpunan Hipertensi Indonesia (Indonesian Society of Hypertension atau InaSH) Arieska Ann Soenarta mengatakan untuk mengendalikan hipertensi tidak hanya dengan obat-obatan, namun juga harus mengatur pola makan.

“Saat ini terdapat pergeseran pola makan, yang mengarah pada makanan cepat saji dan makanan yang diawetkan,” katanya melalui siaran pers, Rabu (13/5/2015).

Menurutnya, makanan semacam itu mengandung garam tinggi, lemak jenuh, serta rendah serat. Makanan asli Indonesia juga banyak mengandung garam seperti kerupuk, kecap, sambal botol. Padahal makanan dengan kandungan garam tinggi bisa memicu hipertensi.

InaSH menganjurkan masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat, diet sehat (buah, sayuran, rendah lemak jenuh dan kolesterol, rendah garam dan produk susu rendah lemak), aktivitas fisik teratur, mempertahankan berat badan ideal, lingkar pinggang ideal dan menjaga lingkungan bebas dari asap rokok.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 mencatat hipertensi merupakan kondisi yang sering ditemukan pada pelayanan primer kesehatan dan masih merupakan masalah kesehatan yang utama dengan prevalensi yang tinggi, yaitu sebesar 26,5%. .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro