Ilustrasi/Womanbizlife
Relationship

5 Langkah Jalani Hidup Sepenuhnya dan Merasa Bahagia

Andhina Wulandari
Sabtu, 30 Mei 2015 - 13:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjalani hidup sepenuhnya dan merasa lebih bahagia.

1. Jangan coba beli kebahagiaan

Anda mungkin akan merasa bahagia saat belanja barang baru dan di pikiran Anda hanya beli sesuatu yang lebih besar, baru, atau mahal. Namun, pada kenyataannya rasa bahagia itu akan hilang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa uang bukanlah sumber kepuasan. Menurut penelitian di Universitas Illinois, tingkat kebahagian miliarder di Amerika sama dengan suku Maasai di Afrika timur, walaupun kekayaan mereka jelas berbeda jauh.

2. Nikmati alam

Buatlah ‘kencan’ dengan alam dengan cara berjalan-jalan di pantai atau gunung. Pilih tempat-tempat wisata yang memamerkan kekayaan alam. Tak hanya menurunkan tingkat stres, menikmati keindahan alam juga menguatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan suasana hati.

3. Syukuri hal-hal kecil

Kebiasaan yang dilakukan orang adalah mengeluhkan satu hal yang tampaknya merusak satu hari penuh. Padahal Anda bisa mensyukuri hal-hal kecil, misalnya, mandi air dingin membuat Anda segar, makan siang Anda terasa nikmat, atau Anda menemukan berita menarik di internet. Sekecil apa pun hal tersebut, jadikan sebagai penyemangat hari Anda dan syukuri keberadaannya.

4. Kejar impian Anda

Tak ada kata terlambat untuk mengejar impian yang tertunda. Ingat-ingat lagi, apa keinginan, minat, atau impian Anda sewaktu kecil dulu. Apakah ada hal-hal yang belum tercapai atau belum Anda coba? Jika ya, kenapa tidak dilakukan sekarang. Menemukan minat, mengejar impian, dan mencoba hal baru dapat memberikan rasa puas yang membuat Anda bahagia.

5. Maafkan diri sendiri

Manusia adalah manusia, makhluk yang tidak sempurna dan tidak pernah luput dari kesalahan. Tapi, terus-menerus menyalahkan diri akan kesalahan di masa lalu hanya bisa menghambat kebahagiaan Anda di masa depan.

Kunci dari memaafkan diri sendiri adalah dengan memahami dan menerima hidup apa adanya serta belajar dari kesalahan masa lalu. Percayalah bahwa masa lalu dapat membuat Anda lebih kuat dan bijaksana. Gunakan pelajaran di masa lalu untuk membuat keputusan yang lebih baik hari ini. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Lifescript
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro