Seorang pengunjung menikmati karya seni rupa pada acara pembukaan pameran tunggal karya pelukis Budi Karmanto yang bertajuk Bingkai Koran di Balai Budaya, Jakarta, pada Selasa malam (16/6). Pameran tunggal Budi Karmanto yang juga guru seni pada Gandhi School Ancol, Jakarta ini akan berlangsung hingga 26 Juni 2015./Antara-Dodo Karundeng
Show

Budi Karmanto Gelar Pameran Tunggal Bingkai Koran

Yustinus Andri DP
Jumat, 19 Juni 2015 - 01:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perupa yang identik dengan objek lukisan berupa kodok, Budi Karmanto, menggelar pameran tunggalnya yang kedelapan di Balai Budaya Jakarta. Pameran yang bertajuk Bingkai Koran tersebut digelar mulai dari 16-28 Juni 2015.

Tema tersebut sengaja dipilih sebagai media untuk merefleksikan sejarah perjalanan hidupnya. Pasalnya, sebelum saat ini menjalani profesinya sebagai pelukis dan juga guru seni rupa di Gandhi School Ancol, Budi merupakan seorang penjual koran.

“Saya tak belajar melukis secara formal, otodidak. Sebelumnya saya hanyalah serang loper koran yang kebetulan bertemu dengan Pak Hardi yang mengarahkan bakat saya sebagai pelukis,” ujar Budi saat membuka pamerannya, Selasa (16/6/2015).

Sesuai dengan temanya, seluruh dinding dan juga bingkai lukisan Budi yang berjumlah 74 dibalut dengan koran. Alhasil, ruang pamer Balai Budaya pun berubah rupa seakan diselimuti koran.

Namun, tema selimut koran tersebut tak serta merta mengaburkan makna lukisan dari Budi. Pasalnya dengan dinding dan bingkai ruang pamer yang diselimuti, justru membuat lukisan tersebut tampak menonjol, dan mampu menjadi pusat perhatian para pengunjung.

Dalam pameran ini turut hadir pula sejumlah perupa kenamaan lain seperti Vukar Lodak, Fajar Sidik, dan Sriwarso Wahono. Turut hadir pula Kepala Galeri Nasional Tubagus Andre Sukmana, dan juga Kepala PKJ Taman Ismail Marzuki Bambang Subekti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro