Intan Soekotjo dan ibunya/ifi.co.id
Musik

Intan Soekotjo Butuh 2 Tahun Yakinkan sang Ibu

Azizah Nur Alfi
Jumat, 24 Juli 2015 - 10:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Penyanyi muda yang menekuni musik keroncong Intan Soekotjo perlu waktu dua tahun untuk meyakinkan sang Ibu, Sundari Soekotjo, sebelum akhirnya terjun dalam dunia musik keroncong. Kini, sederet rencana telah disiapkan untuk karir bermusik keroncongnya.

"Ini cuplikan dari proyek baru saya, mengenalkan musik keroncong pada anak muda," katanya usai menyanyikan lagu pop milik Andra and the Backbone dalam iringan musik keroncong, belum lama ini.

Intan memiliki mimpi menyanyikan lagu daerah lain yang tidak kalah menarik dari keroncong. Dia mengatakan mimpi ini tidak lepas dari latar belakang kecintaannya pada seni budaya Indonesia. "PR nya masih banyak," ujarnya.

Perempuan berparas ayu ini sebelumnya tidak putus asa meyakinkan sang Ibu bahwa musik keroncong adalah pilihan jalan hidupnya. Dia terus belajar musik keroncong dengan mendatangkan guru les vokal dan terus mendengarkan album keroncong milik sang Ibu dan penyanyi keroncong lain. "Awalnya ada guru vokal datang, teh
Rika Ruslan [salah satu vokalis the Groove]. Namun, karena sama-sama sibuk akhirnya belajar sendiri dengan mendengarkan lagu keroncong Ibu," ceritanya.

Kolaborasi musik keroncong dan lagu pop mengharuskannya tidak berhenti belajar. Selain pintar memadukan musik keroncong dan pop, dia juga terus belajar tentang musik keroncong sesuai pakemnya. Bagi Intan, musik keroncong bukan hanya soal teknik, tapi lebih pada penjiwaan terhadap musik itu sendiri. Sehingga antara pernafasan dan penjiwaan harus dengan komposisi yang tepat.

"Saya membuka diri untuk belajar musik keroncong sesuai pakemnya kepada ibu. Begitu juga ibu yang membuka diri untuk mau berinovasi mengenalkan musik keroncong pada anak muda, kata Intan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro