Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perangkat Nirkabel Picu Kanker

Radiasi dari perangkat nirkabel (wireless) dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi tak seimbang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Juli 2015  |  13:41 WIB
Telepon pintar - Antara
Telepon pintar - Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Radiasi dari perangkat nirkabel (wireless) dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi tak seimbang.

Kondisi ini bisa memicu sejumlah masalah kesehatan, di antaranya penyakit neurogeneratif, bahkan kanker, menurut studi terbaru.

Ketidakseimbangan ini menurut peneliti studi,dokter Igor Yakymenko, juga dikenal sebagai stres oksidatif, yakni kondisi tidak seimbangnya produksi oksigen reaktif (ROS) dan pertahanan antioksidan.

Yakymenko mengungkapkan, stres oksidatif akibat paparan radiasi radiofrekuensi (RFR), tidak hanya menimbulkan kanker, tetapi juga gangguan kecil lainnya seperti sakit kepala, kelelahan, dan iritasi kulit, yang bisa berkembang setelah paparan RFR jangka panjang.

"Data ini merupakan bukti ada risiko nyata paparan radiasi bagi kesehatan manusia," kata Yakymenko.

Hasil studi menunjukkan, kemungkinan adanya efek karsinogenik RFR. RFR sendiri pada tahun 2011, telah diklasifikasikan oleh badan internasional untuk penelitian kanker sebagai karsinogen bagi manusia. Hanya saja, mekanisme RFR dalam hal ini masih belum jelas.

Yakymenko dan rekan-rekannya menyerukan pentingnya menggunakan perangkat nirkabel seperti ponsel dan internet nirkabel dengan hati-hati. Demikian seperti dilansir Science Daily, Sabtu (25/7/2015).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wireless

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top