Anak-anak dilarang mengonsumsi minuman berenergi./Ilustrasi-ogep.my.id
Health

Seperti Ini Reaksi Minuman Berenergi di Dalam Tubuh

Newswire
Sabtu, 15 Agustus 2015 - 06:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Sebuah penelitian terbaru menemukan apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh Anda dalam 24 jam setelah minum minuman berenergi.

Infografik terbaru yang dilansir Mirror, Jumat (14/8/2015), menguraikan pengaruh atau efek dari minuman berenergi bagi tubuh dalam 24 jam.

Berikut pengaruh minuman berenergi bagi tubuh:

1. Setelah Anda mulai menghabiskan sekaleng minuman berenergi, butuh waktu 10 menit untuk kafein meresap dalam aliran darah Anda. Lalu, yang akan terjadi selanjutnya yakni, tubuh Anda merespons dengan meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah.

2. Setelah 15-45 menit, pada waktu tersebut, kafein berada pada level puncak dalam aliran darah, yang membuat Anda merasa lebih waspada dan konsentrasi meningkat.

3. Ketika mencapai 30-50 menit, kafein telah secara penuh meresap pada aliran darah dan hati Anda merespons dengan meresapi lebih banyak gula lagi ke aliran darah Anda.

4. Setelah satu jam, tubuh Anda akan mengalami peningkatan yang drastis pada kadar gula darah. Hal tersebut terjadi akibat efek kafein mulai menghilang. Anda mulai merasa lelah dan energi anda mulai berkurang.

5. Dalam jangka waktu setelah 5-6 jam, kafein dalam tubuh Anda tinggal setengahnya. Ini berarti butuh waktu yang lama untuk menghilangkan 50 persen kafein dari aliran darah Anda.

6. 12 jam setelah menyelesaikan minuman energi pada umumnya kafein telah hilang dari aliran darah namun tergantung pada umur, serta aktifas Anda.

7. Untuk Anda yang sering minum minuman energi, Anda akan menemukan bahwa antara 12 dan 24 jam adalah waktu ketika Anda akan mulai merasa gejala sakit akibat efek kafein dan gula yang berlebihan tersebut seperti, sakit kepala, lekas marah dan sembelit.

Penelitian ini dimuat dalam Personalise.co.uk, badan yang khusus melakukan riset dan menampilkannya dalam bentuk infografik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro