Keripik sayur/istimewa
Health

Ini 10 Jenis Sayuran yang Cocok Dijadikan Sebagai Keripik

Redaksi
Senin, 13 Mei 2024 - 08:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring dengan berkembangnya zaman, muncul berbagai inovasi dan kreativitas dari masyarakat, salah satunya adalah keripik sayur.

Keripik sayur merupakan makanan ringan berbahan dasar sayur yang dikenal dengan rasa manis dan gurih. Jenis sayuran yang digunakan adalah sayuran segar dengan tekstur yang tidak berair. Semua jenis sayuran yang dijadikan sebagai keripik, tetap mempertahankan kualitas dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Mungkin sebagian dari Anda berpikiran bahwa sayuran yang diolah menjadi keripik, dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak. Namun, beberapa belakangan ini ditemukan banyak olahan keripik sayur yang tidak menggunakan proses memasak dengan cara digoreng, untuk mempertahankan kualitas dan mutu kesehatan dari sayuran tersebut. 

Dilansir dari poratoprocess.com, Senin (13/5/2024) olahan keripik sayur yang banyak ditemukan pada beberapa toko offline maupun online dibuat dengan cara dikeringkan melalui mesin. Melalui hal tersebut, kualitas yang diberikan lebih sehat dan tidak mengandung minyak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Namun, dari sekian banyak sayur yang ada, jenis sayuran apa yang cocok dijadikan sebagai keripik?

Inilah 10 jenis sayuran yang cocok dijadikan sebagai keripik:

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan omega-3, yang baik untuk kesehatan jantung. Sayuran tersebut cocok dijadikan sebagai keripik, karena tekstur dan daun lebar yang terdapat pada bayam, identik dengan cita rasa lezat dan bergizi. Anda dapat mengonsumsi keripik bayam dengan menu berat maupun dijadikan sebagai cemilan sehari-hari.

2. Zucchini

Zucchini merupakan sayuran yang hampir mirip dengan timun. Sayuran khas Jepang ini memiliki bentuk yang besar dan tekstur yang cukup padat. Zucchini cocok dijadikan sebagai keripik dan cemilan sehari-hari, yang identik dengan rasa gurih alami.

3. Wortel

Wortel merupakan sayuran dengan kandungan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Sayuran tersebut cocok dijadikan sebagai keripik karena memiliki cita rasa manis alami, dan tekstur yang cukup padat.

Keripik wortel dapat dijadikan sebagai makanan alternatif bagi anak-anak yang tidak suka mengonsumsi sayur. Jadi, tidak perlu ada alasan yang terdengar bahwa anak-anak tidak terbiasa untuk mengonsumsi sayur.

4. Kentang

Kentang merupakan sayuran yang selalu dijadikan dalam setiap pembuatan keripik sayur. Tekstur yang padat dan cita rasa yang khas, membuat kentang banyak dicari oleh penggemar keripik sayur. Anda dapat menemukan keripik kentang pada minimarket, toko oleh-oleh, maupun platform belanja online.

5. Pare

Pare merupakan sayuran yang jarang disukai oleh banyak orang, karena rasa yang pahit dan getir. Namun, sayuran ini cocok dijadikan sebagai keripik dengan menghasilkan rasa baru yang unik dan gurih secara alami. Dari olahan keripik tersebut, orang-orang lebih tertarik untuk mencoba konsumsi pare melalui cara yang unik.

6. Terong

Terong merupakan sayuran berwarna ungu tua, dengan tekstur yang halus. Sayuran tersebut cocok dijadikan sebagai olahan keripik karena digemari oleh banyak orang, dan dibuat dengan proses yang mudah. Anda dapat mengonsumsinya dengan tambahan nasi hangat dan cocolan sambal pada keripik terong tersebut.

7. Kale

Kale merupakan sayuran hijau yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan jantung. Sayuran tersebut cocok dijadikan sebagai olahan keripik karena memiliki tekstur yang renyah dan garing. Bagi Anda yang ingin mencari cemilan garing dan sehat, keripik kale menjadi opsi utama yang tepat untuk dicoba.

8. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau dengan kandungan serat, vitamin A, dan magnesium yang baik bagi tubuh. Sayuran tersebut cocok dijadikan sebagai keripik karena memiliki tekstur yang renyah. Keripik brokoli cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang enggan mengonsumsi sayur, apabila dimasak dengan cara yang lembek.

9. Buncis

Buncis merupakan sayuran yang memiliki ciri khas manis alami dan tekstur yang garing saat dijadikan keripik. Sayuran tersebut menjadi inovasi terbaru dari berbagai jenis sayuran yang berhasil diolah menjadi keripik. Konsumsi keripik buncis mampu meningkatkan imunitas pada tubuh.

10. Ubi

Ubi merupakan sayuran yang paling populer untuk dijadikan keripik. Cita rasa manis dan gurih alami dari ubi, membuat banyak orang tergiur untuk mencoba keripik tersebut. Keripik ubi dapat divariasikan dengan bahan lainnya untuk menambah cita rasa baru dan tekstur yang berbeda dari keripik lainnya. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro