Bon Jovi/Reuters
Musik

Konser Bon Jovi di China Batal, Diduga Karena Gambar Dalai Lama

Newswire
Rabu, 9 September 2015 - 18:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu band pengusung aliran rock n' roll tersukses, Bon Jovi, tampaknya harus mengurungkan niatnya tampil untuk pertama kalinya sepanjang sejarah di Negeri Tirai Bambu, China.

Pembatalan secara sepihak dan tiba-tiba tersebut disinyalir karena band yang tenar lewat tembang Always tersebut pernah menampilkan gambar Dalai Lama, tokoh yang dimusuhi pemerintah komunis China, di panggungnya.

AEG China, promotor konser, mengumumkan melalui akun di media sosial Weibo, Selasa, 8 September 2015, pertunjukkan di Shanghai dan Beijing pekan depan telah dibatalkan karena alasan tertentu. Namun AEG tidak menjelaskan alasannya.

The NY Times, Rabu, 9 September 2015, melaporkan, Kementerian Kebudayaan China membatalkan pertunjukan setelah menemukan latar belakang video untuk konser band di Taiwan pada 2010 menampilkan sebuah gambar Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet di pengasingan.

Partai berkuasa China, Partai Komunis, telah lama mengkritik Dalai Lama, yang mereka tuduh berusaha memisahkan Tibet dari China.

Pembatalan konser Bon Jovi itu bertepatan dengan peringatan 50 tahun berdirinya Daerah Otonomi Tibet.

Band asal New Jersey tersebut telah membuat upaya khusus untuk menarik penggemar di China menjelang acara. Vokalis Jon Bon Jovi merekam sebuah cover lagu Mandarin, The Moon Represents My Heart, sebuah lagu yang dipopulerkan penyanyi Taiwan, Teresa Teng.

Bon Jovi bukan band atau penyanyi internasional pertama yang dibatalkan konsernya secara sepihak dan tiba-tiba di Cina karena alasan yang tidak jelas. Sebelumnya, ada beberapa penyanyi papan atas, seperti BJork, Oasis, dan Maroon 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro