Bank Indonesia menggelar Lomba Tenun Bali/Bisnis.com-Feri Kristianto
Fashion

Mencari Produk Bermutu di Lomba Kain Tenun Bali

Feri Kristianto
Senin, 14 September 2015 - 11:39
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR-- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali menyelenggarakan Lomba Tenun sebagai upaya melestarikan kain tenun Bali.

Sebanyak 48 orang penenun kain endek dan rang-rang dari Gianyar, Karangasem, Klungkung, dan Buleleng mengikuti lomba‎ yang diadakan di Kantor Perwakilan BI Bali tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara, dan Wagub Bali Ketut Sudikerta, dan Ketua OJK Bali Zulmi.

Menurut Kepala Perwakilan BI Bali, Dewi Setyowati, kegiatan lomba mempertimbangkan‎ kain tenun khas Bali sebagai komoditas yang mendukung kebutuhan cinderamata wisatawan domestik dan asing. 

"Ini untuk melestarikan dan meningkatkan kualitas tenun khas Bali, sehingga sektor akomodasi, makan dan minum yang saat ini menyumbang 23% terhadap pertumbuhan ekonomi dapat semakin meningkat," ujarnya, Senin (14/9/2015).

Dia menuturkan, dari 48 orang peserta, sebanyak 15 kain dipilih sebagai yang terbaik oleh juri profesional, serta pemerhati tenun. Hasil lomba akan dihibahkan kepada Pemprov Bali menjadi aset daerah yang dapat digunakan untuk pameran di tingkat nasional maupun internasional.

Dewi menegaskan,  kegiatan lomba bertujuan agar perajin mulai beralih dari menghasilkan produk massal menjadi produk berkualitas dengan nilai jual tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro