Ini 10 Tips Traveling

Setiap kali hendak bepergian, segala hal harus dipersiapkan dengan matang. Berikut beberapa tips, dikutip dari situs travel Indonesia Kementerian Pariwisata, yang harus Anda perhatikan sebelum bepergian.
Gloria Natalia Dolorosa | 19 September 2015 18:40 WIB
Wisata belanja di luar negeri menjadi daya tarik kalangan sosialita - covingtontravel.com
Bisnis.com, JAKARTA -- Setiap kali hendak bepergian, segala hal harus dipersiapkan dengan matang. Berikut beberapa tips, dikutip dari situs travel Indonesia Kementerian Pariwisata, yang harus Anda perhatikan sebelum bepergian.
 
1. Mulailah dengan mencari tujuan yang akan Anda kunjungi, jika memiliki peta itu akan lebih baik.
Anda harus mengumpulkan informasi mengenai tempat tujuan sebanyak-banyaknya. Apakah daerahnya adalah gunung, atau pantai. Jangan sampai salah kostum atau keliru dengan cuaca saat berwisata.
 
2. Buat daftar dokumen penting yang wajib dibawa. Misalnya KTP, nomor telepon penting, ATM dan lainnya.
 
3. Buatlah reservasi hotel, kendaraan, dan kereta atau penerbangan sebelumnya. Selain mungkin lebih murah juga menghindari kehabisan tiket.
 
4. Perhatikan cuaca. Anda bisa mengira-kira berapa banyak pakaian atau peralatan yang harus dipersiapkan dan dibawa. Meski BMG kita tak bisa memberi garansi cuaca di Indonesia, setidaknya Anda mendapatkan ancar-ancar cuaca.
 
5. Periksa kembali kartu kredit Anda, bila memungkinkan minta kenaikan kredit atau buat kartu kredit baru yang bisa diterima di banyak tempat. Periksa validitasnya. Membawa ATM dianggap lebih aman daripada membawa uang kontan yang berlebihan.
 
6. Periksa tanggal berlaku surat izin mengemudi Anda. Memperpanjang SIM hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Jadi, bila perlu sisihkan waktu untuk memperpanjangnya.
 
7. Buatlah itinerary (jadwal perjalanan) Anda, tempat-tempat mana saja yang akan Anda kunjungi, jangan sampai ada tempat bagus yang terlewat atau terlalu banyak menghabiskan waktu di satu tempat sehingga Anda tidak sempat mengeksplor daerah tersebut.
Mengapa tidak mengenali kebiasaan atau budaya di tempat yang akan Anda kunjungi karena akan membantu sekali beradaptasi dan berinteraksi.
 
8. Persiapkan transportasi dengan matang. Jika Anda menggunakan mobil pribadi maka jangan lupa mengecek semua bagian mobil. 
 
9. Buat catatan barang-barang apa saja yang akan Anda bawa mulai dari alat mandi hingga jenis sepatu yang dibutuhkan.  Perhatikan pula barang-barang keperluan bagi Anda yang memiliki anak kecil.
 
10. Kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam sebelum bepergian karena kandungan garam mampu menyimpan kadar air dalam tubuh. Jika perjalanan panjang dan Anda terlalu banyak duduk maka kaki akan membengak karena banyaknya kandungan air yang diakibatkan garam tersebut. Andapun akan lebih sering bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil.
Makanlah secara teratur vitamin karena lamanya perjalanan dan cuaca dapat  mempengaruhi kondisi kesehatan.
Tag : travelling
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top