Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

26 Ribu Mahasiswa Siap Beradu di OSN Pertamina 2015

Lebih dari 26 ribu mahasiswa jurusan Sains dan Teknologi siap bersaing dalam kompetisi bergengsi Olimpiade Sains Nasinal (OSN) Pertamina 2015. Kegiatan dilaksanakan secara serentak di 33 Provinsi dari 42 Perguruan Tinggi Mitra di Indonesia.
Atiqa Hanum
Atiqa Hanum - Bisnis.com 16 Oktober 2015  |  17:48 WIB
26 Ribu Mahasiswa Siap Beradu di OSN Pertamina 2015
Pertamina Foundation - Ilustrasi/synergy/icon.co.id
Bagikan

JAKARTA—Lebih dari 26 ribu mahasiswa jurusan Sains dan Teknologi siap bersaing dalam kompetisi bergengsi Olimpiade Sains Nasinal Pertamina (OSN PERTAMINA) 2015. Kegiatan dilaksanakan secara serentak di 33 Provinsi dari 42 Perguruan Tinggi Mitra di Indonesia.

Babak seleksi provinsi merupakan tahap penyisihan pertama OSN Pertamina 2015, dimana tahun ini jumlah peserta mencapai 25.671 peserta untuk kategori teori dan 357 peserta science project. OSN Pertamina 2015, merupakan perhelatan yang ke-8 dan sejak kompetisi sains bergengsi ini diadakan, telah menjaring lebih dari 120.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan kegiatan OSN PERTAMINA 2015 merupakan cikap bakal keterlibatan mahasiswa dan Perguruan Tinggi dalam upaya membangun kesadaran dan dukungannya dalam pengembangan ilmu sains dan teknologi.

“Dengan adanya kompetisi science project kami berharap bisa mendorong lahirnya riset teknologi dari kampus yang bisa mendukung pengembangan Energi Baru dan Terbarukan,” jelasnya dalam siaran persnya, Kamis (15/10).

Sementara itu, Corporate Secretary Pertamina Wisnuntoro menyampaikan OSN PERTAMINA tahun ini difokuskan pada tema “Energi Baru dan Terbarukan” dan untuk pertama kalinya bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Negara-negara ASEAN untuk kategori science project.

“Cita-cita Bauran Energi Pemerintah di tahun 2025 nanti, sekitar 25% dari seluruh penggunaan energi akan menggunakan Energi Baru Terbarukan. Oleh karena itulah, kami berusaha untuk meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa di bidang tersebut sejak dini, salah satunya melalui science project ini,” jelas Wisnuntoro.

Pihaknya berharap dari kompetisi science project akan melahirkan ide-ide maupun gagasan-gagasan baru, yang bisa memberikan nilai lebih ke masyarakat. Pertamina juga akan membuka diri untuk pengembangan science project yang benar-benar tepat dalam memberikan solusi pengembangan energi terbarukan di masa mendatang.

Penyelenggaraan OSN Pertamina 2015 terdiri atas enam tahap, yakni Sosialisasi dan koordinasi yang berupa audiensi antara DIKTI dan Perguruan Tinggi Mitra serta kegiatan Rakornas yang melibatkan panitia pusat dan daerah. Publikasi dan registrasi, yang dilakukan melalui website dan media sosial dimana registrasi peserta dilakukan secara online dan offline. Seleksi Tingkat Provinsi, atau babak penyisihan yang dilakukan serentak di 33 provinsi di Indonesia. Seleksi Tingkat Nasional, atau babak final di Jakarta yang melibatkan para finalis beserta dosen pendampingnya. Penganugerahan hadiah, kepada para pemenang dan Perguruan Tinggi Mitra sekaligus sebagai acara penutupan OSN Pertamina 2015. Evaluasi OSN Pertamina 2015, yang dilakukan untuk menjaga akuntabilitas kegiatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kompetisi
Editor : Bastanul Siregar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top