Karapan sapi/Antara
Travel

Final Karapan Sapi Piala Presiden 2015 Digelar 1 November di Madura

Ropesta Sitorus
Sabtu, 31 Oktober 2015 - 01:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Babak final Karapan Sapi Piala Presiden akan menjadi event paling dinantikan di Pulau Madura, Jawa Timur. Acara yang menjadi daya tarik wisata yang berlangsung di Stadion R. Soenarto Hadiwidjojo, Kabupaten Pamekasan, ini akan diselenggarakan pada Minggu (1/11/2015).

Dikutip dari Indonesia Travel pada Jumat (30/10/2015), tim terbaik dari empat kabupaten yang akan bertanding memperebutkan gelar juara, yakni dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Mereka telah mengikuti kompetisi itu sejak akhir Agustus lalu.

Karapan sapi pertama kali dikenalkan abad ke-13 oleh Raja Katandur, dikenal sebagai Sayyid Ahmad Bidawi, cucu dari Sunan Kudus dari Pulau Sapudi, di lepas pantai Madura.

Tiap tahun, Madura mengadakan adu balap sapi untuk melestarikan tradisi yang juga telah menjadi simbol kebangaan. Sapi-sapi yang dilombakan adalah sapi pilihan dengan kualitas terbaik dan telah melalui serangkaian perawatan khusus.

Sebagai event bergengsi di Pulau Madura, Karapan Sapi selalu menarik perhatian banyak pengunjung tidak hanya dari wisatawan lokal namun hingga mancanegara. Selama babak final berlangsung, hotel dan restoran di Pamekasan dan juga di Madura selalu penuh.

Selain Piala Presiden, ada pula Festival Sapi Snok yang diikuti dengan kompetisi foto pada 25 Oktober 2015 lalu. Ajang festival tersebut berupa rias sapi terbaik seperti kontes kecantikan di mana pesertanya akan memberikan aksesoris, bunga hingga pakaian pada sapi mereka agar terlihat makin cantik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Sumber : Indonesia Travel
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro