Simak Manfaat Air Mentimun, Cegah Dehidrasi dan Bantu Turunkan Berat Badan/Times of India
Health

Simak Manfaat Air Mentimun, Cegah Dehidrasi dan Bantu Turunkan Berat Badan

Mutiara Nabila
Kamis, 16 Mei 2024 - 18:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Di tengah cuaca panas, tubuh memerlukan cairan lebih agar tidak dehidrasi. Namun, bagaimana jika air yang diminum bisa memberikan segudang manfaat lebih hanya dengan menambahkan mentimun

Air mentimun tidak hanya menyegarkan di saat cuaca panas, tetapi juga sangat bergizi dan menyehatkan. Selain menyegarkan, air timun ternyata juga dapat membantu menurunkan berat badan, memberikan antioksidan pada tubuh dan membantu membuat kulit lebih sehat. 

Air mentimun juga berfungsi untuk mendinginkan tubuh, menambahkan rasa, dan juga nutrisi ke dalam tubuh. Mentimun mengandung sekitar 96 persen air, menjadikannya pilihan asupan yang menghidrasi.  

Minuman ini juga sangat rendah kalori, dimana satu cangkir irisan mentimun mengandung sekitar 16 kalori sehingga ideal dalam program penurunan berat badan.

Berikut ini segudang manfaat air mentimun untuk kesehatan:

1. Hidrasi

Inilah manfaat air mentimun yang paling signifikan.  Mentimun sebagian besar mengandung air, jadi minum air mentimun membantu tubuh tetap terhidrasi, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan, mengatur suhu tubuh, dan membantu melancarkan pencernaan. 

American Academy of Family Physicians menyarankan bahwa enam hingga delapan gelas air harus diminum setiap hari. Mencampur air dengan mentimun menjadi cara yang bisa mempermudah dan nikmat untuk mencapai target delapan gelas sehari.

2. Manajemen berat badan

Karena kandungan kalorinya yang rendah dan sifat menghidrasinya, air mentimun bisa menjadi minuman yang bermanfaat untuk mengatur berat badan. Air timun dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga berpotensi mengurangi asupan kalori sepanjang hari.  

Penelitian yang dimuat di Nutrients menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi, dan rendah kalori, dapat menurunkan berat badan.

3. Elektrolit dan mineral

Dalam jumlah kecil, air mentimun juga mengandung beberapa elektrolit dan mineral seperti potasium dan magnesium. Mineral ini penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf, dan hidrasi membantu tubuh menyerapnya dengan lebih baik.

4. Sumber antioksidan

Mentimun mengandung beberapa antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan berpotensi mengurangi risiko penyakit kronis.  

Sebuah penelitian yang dilakukan dalam Journal of Nutrition, Health and Ageing menunjukkan bahwa setelah 30 hari, konsumsi bubuk mentimun secara teratur meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.  

Namun, penting untuk dicatat bahwa bubuk mentimun memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan mentimun mentah.

5. Menjaga kesehatan kulit

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan kulit.  Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan.  

Selain itu, beberapa orang percaya bahwa kandungan vitamin C dalam mentimun mungkin berkontribusi terhadap kesehatan kulit secara keseluruhan, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

6. Detoksifikasi

Air mentimun juga dapat bertindak sebagai diuretik alami, membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mendukung fungsi ginjal. Selain itu, air mentimun juga dapat membantu melawan bau mulut karena kemampuannya dalam menghidrasi dan menghilangkan bakteri di mulut.

Cara Membuat Air Timun

Untuk membuat air timun yang bisa dikonsumsi sepanjang hari, sediakan 8 gelas air dengan 2 buah timur yang dipotong tipis-tipis. 

Campurkan air dengan timun, kemudian aduk dan biarkan selama 4 jam atau semalaman. 

Agar lebih nikmat dan bermanfaat, air timun juga bisa ditambahkan dengan buah lainnya seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, daun mint, irisan melon, daun sereh, buah beri, nanas, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro