Wisatawan menikmati wahana perahu bebek saat berkeliling di kawasan Situ Cisanti, Kilometer Nol Citarum, Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat/Bisnis-Muhammad Olga
Travel

Pesona Petilasan Prabu Siliwangi di Situ Cisanti

Reyhan Fernanda Fajarihza
Rabu, 15 Mei 2024 - 20:35
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Tak lengkap rasanya mengeksplorasi pariwisata Bandung tanpa berkunjung ke Situ Cisanti. Terdapat tujuh mata air utama Sungai Citarum dalam danau buatan yang terletak di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat itu.

Tim Bisnis Indonesia Jelajah Tirta Nusantara 2024 berkesempatan menengok masing-masing mata air pada Minggu (12/5/2024) lalu, yakni Cisadane, Cikawudukan, Cikoleberes, Cihaniwung, Cisanti, Citarum, dan Cikahuripan. Namun, ada yang berbeda di mata air Cikahuripan.

Dibandingkan dengan bagian Situ Cisanti yang lain, warna air pada situs tersebut tampak jernih kebiruan. Sejumlah wisatawan juga hadir untuk menyaksikan keindahan serupa.

Juru Bicara Situs Petilasan Citarum Atep mengatakan bahwa situs tersebut menjadi petilasan Prabu Siliwangi. Konon, Prabu Siliwangi menyucikan diri di tempat tersebut sebelum bertapa.

“Di sini ada sejarah petilasan Prabu Siliwangi. Ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan,” katanya kepada Tim Bisnis Indonesia Jelajah Tirta Nusantara di lokasi, Minggu (12/5/2024).

Menurutnya, banyak wisatawan maupun masyarakat setempat yang mendatangi mata air tersebut, terutama pada akhir pekan dan libur hari besar.

Atep mengiyakan ketika ditanya perihal banyaknya wisatawan yang datang untuk berziarah. Dia memilih mengembalikan hal tersebut kepada kepercayaan masing-masing.

Menurutnya, bagian paling penting dari kedatangan wisatawan adalah tersampaikannya pesan untuk menjaga kelestarian Situ Cisanti, khususnya petilasan Prabu Siliwangi itu secara bersama-sama.

“Dari leluhur dulu pesannya sama, yaitu untuk menjaga kelestarian dan budaya di sini, dijaga, dirawat,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro