Pohon Menangis/Antara
Musik

Terusik Kabut Asap, Forthboxx Bikin “Pohon Menangis”

Newswire
Sabtu, 31 Oktober 2015 - 14:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Terusik dengan kabut asap yang melanda banyak tempat di Tanah Air, grup musik independen asal Jakarta Forthboxx membuat lagu untuk mengajak orang-orang peduli dan mendukung upaya untuk mengatasi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Biar bisa buat bahan kampanye menaikkan awareness masyarakat soal asap," kata gitaris Forthboxx Danu Mahardika melalui pesan singkat, Sabtu (31/10/2015).

Lagu yang berjudul "Pohon Menangis" berawal dari kekesalannya melihat kebakaran hutan yang tiap tahun berulang tapi pelakunya cuma mendapat hukuman ringan.

Kekesalan menahun mengikuti kasus asap, terutama di Riau, akhirnya dia tuangkan ke dalam lirik lagu dan video sederhana berisi orang-orang memakai masker sambil memegang kertas bertulisan #melawanasap.

Materi yang rencananya digunakan untuk album yang akan dirilis tahun depan pun akhirnya dikeluarkan lebih awal untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap dampak kabut asap.

Grup independen beraliran grunge itu mendistribusikan lagu "Pohon Menangis" lewat iTunes dan akan menyumbangkan hasilnya untuk membantu korban kabut asap.

Selain melalui pengunduhan berbayar, mereka sedang mengatur agar pendengar yang tertarik dengan lagu itu bisa membelinya langsung saat mereka tampil dengan mengkopinya dengan biaya Rp5.000.

"Kami belum tahun nanti akan terkumpul berapa, yang pasti, sedikit atau lumayan, kami mau sumbang dalam bentuk uang," kata Danu.

Grup Forthboxx yang dibentuk sejak 2006 kini beranggotakan Danu (gitar), Eric Limansantoso (vokal), Albert Sasongko (gitar), Martin Lazarus (bas) dan Andre Jonathan (drum).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro