Yati Pesek/Youtube
Entertainment

Yati Pesek Mencari Bibit Baru

Azizah Nur Alfi
Jumat, 11 Desember 2015 - 08:27
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Seniman Yati Pesek masih tetap aktif berkarya meski usianya telah memasuki 63 tahun. Selain fokus berkarya di atas panggung, rupanya Yati juga aktif mencari bibit baru untuk generasi penerus kesenian tradisional.
 
Pencarian bibit baru ini dilakukannya melalui padepokan yang didirikannya. Sejak 2003, perempuan yang berkesenian sejak usia 7 tahun ini mendirikan Padepokan Yati Pesek di Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah. Padepokan ini menempati lahan seluas 5.000 meter persegi yang dilengkapi dengan berbagai peralatan pentas untuk wayang kulit, wayang orang, dan ketoprak a.l. gamelan, kostum, dekorasi, hingga tata cahaya.
 
Selain seniman, dia membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengetahui soal budaya. Tidak hanya seniman, padepokan ini juga menerima anak kurang mampu untuk berlatih ketoprak.
 
Yati berkomitmen tidak ingin mengkomersialkan padepokan ini. Tujuannya hanya satu, yakni mengajak generasi muda mengenal budaya, serta melibatkan anak muda pada seni ketoprak dan wayang. Dengan demikian, kesenian ketoprak akan mendapatkan penerusnya, setelah dirinya pensiun kelak.
 
"Silahkan kalau mau belajar budaya. Jangan sampai melupakan budaya sendiri. Kita harus mempersiapkan generasi penerusnya," katanya.
 
Kecintaannya pada kesenian tradisional ini rupanya mengalahkan jarak Jakarta-Klaten. Jika tidak ada jadwal pentas di Jakarta, maka Yati turun langsung melatih anak-anak untuk latihan ketoprak di padepokan tersebut. Tidak sedikit panggilan pentas datang ke padepokan yang dirintisnya ini.
 
"Sesekali saya yang ngajar. Tidak hanya mengajar langsung, tetapi juga melalui tontonan yang akan menjadi tuntunan mereka," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro