Star Wars: The Force Awakens/adweek.com
Entertainment

Star Wars The Awakens Cetak Rekor Kentungan US$250 Juta

Newswire
Minggu, 20 Desember 2015 - 08:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Star Wars: The Force Awakens" meraup sekitar 250 juta dolar AS di box office film global hingga Jumat dan berada di jalur pemecahan rekor pendapatan akhir pekan penayangan perdana terbesar di Amerika Serikat dan Kanada menurut Walt Disney Co, Sabtu (19/12).

Film fiksi ilmiah Star Wars ketujuh itu diproyeksikan mengumpulkan hasil penjualan tiket mendekati 220 juta dolar AS di Amerika Serikat dan Kanada hingga Minggu, mengalahkan rekor pendapatan 208,8 juta dolar AS dari "Jurassic World" pada Juni, kata Disney. Film itu sudah memecahkan beberapa rekor industri film dan mendapat pujian dari para penonton dan kritikus.

"Star Wars: The Force Awakens" pada Jumat mengumpulkan 120,5 juta dolar AS dari pemutaran sepanjang hari di bioskop-bioskop Amerika Serikat, mencapai angka penjualan tiket film tertinggi dalam sehari. Itu meliputi penghasilan 57 juta dolar AS dari para penonton yang bergegas ke bioskop untuk menyaksikan penayangan perdana film itu pada Kamis malam (17/12). "Force Awakens" mulai tayang di pasar global pada Rabu (16/12). Hingga Jumat, hasil penjualan tiketnya mencapai 129,5 juta dolar AS, mencetak rekor pendapatan hari pemutaran perdana di Inggris, Jerman, Australia, Brazil dan negara lain. Film "Star Wars" terbaru merupakan film pertama dalam satu dekade dari serial karya George Lucas tahun 1977.

Disney membeli pembuat "Star Wars", Lucasfilm, seharga empat miliar dolar AS tahun 2012 dan menghabiskan lebih dari 200 juta dolar AS untuk membuat "Force Awakens". Film itu sekarang tayang di seluruh pasar kecuali Yunani dan India, yang akan mulai menayangkannya pada 24 Desember, serta Tiongkok yang baru akan menayangkannya pada 9 Januari. Tiongkok adalah pasar film terbesar kedua di dunia.

"Force Awakens" berpeluang menjadi film dengan pendapatan kotor terbesar sepanjang masa menurut sejumlah analis. Rekor terkini dipegang oleh "Avatar," yang menghasilkan 2,8 miliar dolar AS dari seluruh dunia setelah diluncurkan Desember 2009. Para kritikus memuji "Force Awakens", yang menampilkan pendatang baru Daisy Ridley, John Boyega dan Oscar Isaac bersama bintang-bintang utama seperti Mark Hamill, Harrison Ford dan Carrie Fisher. Film yang disutradarai oleh J.J. Abrams itu mendapat rating positif 95 persen di laman pengulas Rotten Tomatoes. Para penonton memberikan rating "A" dalam survei jajak pendapat CinemaScore, kata Disney seperti dilansir kantor berita Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro