Poster Film Ketika Mas Gagah Pergi/sastrahelvy.com
Entertainment

Ketika Mas Gagah Pergi, Film Hasil Patungan Pembaca Pertama di Indonesia

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 9 Januari 2016 - 11:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Film Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP) merupakan film pertama yang diproduksi dari hasil patungan pembacanya. Ini menunjukkan film dapat diproduksi tanpa tergantung PH besar.

Penulis sekaligus produser film KMGP Helvy Tiana Rosa menuturkan film ini dapat menginspirasi masyarakat di daerah untuk memfilmkan cerita kepahlawanan yang ada di daerah masing-masing. Seringkali rumah produksi tidak tertarik pada cerita kepahlawanan daerah karena dianggap kurang komersil.

Padahal, menurut Helvy, cerita kepahlawanan di daerah tidak kalah menarik. Pengalaman ini diperolehnya saat mengelilingi 120 kota untuk mengajak pembacanya patungan bikin film.

"Masyarakat di daerah bisa bikin filmnya sendiri. Patungan mengumpulkan 100.000 rang saja sudah bisa bikin film," katanya.

Novel KMGP harus menunggu 12 tahun sebelum akhirnya siap tayang di bioskop pada 21 Januari mendatang. Sebenarnya tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memproduksi film KMGP, jika saja Helvy mau menerima pinangan 11 Production House saat itu. Namun, idealisme kakak dari penulis Asma Nadia tidak sejalan dengan rumah produksi.

Helvy mengusulkan pada beberapa rumah produksi saat itu agar pemeran utama dalam film dapat menjadi teladan bagi penontonnya.

Dia menekankan karakter tokoh yang ada di novel dan film juga sama dengan karakter pemeran utama pada kesehariannya. Helvy tidak ingin film yang menampilkan empat bintang baru ini, keluar dari nilai-nilai positif yang disampaikan dalam novel.

Selain itu, sebagian keuntungan bersih film disumbangkan untuk pendidikan anak-anak di Indonesia bagian timur dan Gaza Palestina, yakni masing-masing Rp1 miliar.

"Karena tidak ada PH yang cocok, maka saya produksi sendiri. Saya keliling ke 120 kota untuk patungan bikin film. Ini menjadi film pertama yang dibiayai oleh pembacanya," terang Helvy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro