Beyonce dalam video klip Hymn For the Weekend/Youtube
Musik

Video Klip Terbaru Coldplay & Beyonce Dikritik

Andhina Wulandari
Selasa, 2 Februari 2016 - 08:10
Bagikan

Bisnis.com, LOS ANGELES – Video klip kolaborasi Coldplay dan Beyonce dikritik karena dianggap merendahkan budaya India.

Topik mengenai penggunaan budaya lain untuk keperluan komersial memang kerap dibicarakan di media sosial akhir-akhir ini. Salah satu yang terbaru adalah video klip lagu Hymn For The Weekend yang dinyanyikan Coldplay dan Beyonce.

Video yang dibuat di Mumbai itu menghadirkan suasana kota, anak-anak yang menebarkan serbuk warna-warni yang merupakan bagian dari perayaan Hindu, dan bintang Bollywood Sonam Kapoor sebagai cameo.

Namun penampilan Beyonce dengan dandanan ala perempuan India justru mendapat kritikan, karena dianggap merendahkan budaya. Beyonce terlihat memakai sari, hiasan kepala, aksesori di leher dan tangan, hingga menggunakan henna di telapak tangannya.

Meski begitu di media sosial banyak yang berdebat bahwa selama video dibuat oleh orang India, meliputi orang-orang India, dan diambil gambarnya di negara tersebut, itu merupakan bentuk penghargaan.

Masalah perendahan budaya ini kerap terjadi di dunia musik. Misalnya saja ketika Katy Perry bergaya ala Geisha saat tampil di acara American Music Awards pada 2013 atau ketika Miley Cyrus melakukan twerking saat tampil di MTV Video Music Awards 2013.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Refinery29
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro