Ilustrasi/Govloop
Entertainment

NOVELIS TO KILL A MOCKINGBIRD WAFAT: Berikut 7 Fakta Harper Lee

Newswire
Sabtu, 20 Februari 2016 - 12:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Harper Lee, penulis buku sastra klasik terkenal "To Kill a Mockingbird" meninggal dunia pada usia 89 tahun, Jumat waktu setempat. Buku "To Kill a Mockingbird" menjadi salah satu buku yang paling dicintai dalam sejarah sastra Amerika Serikut.

Berikut adalah tujuh fakta tentang Lee:

Lee memilih nama tengahnya, Harper, karena dia takut nama pertamanya, Nelle, akan salah diucapkan sebagai "nellie", tidak "Nell". Lee menggunakan sahabat masa kecilnya yang jua penulis, Truman Capote sebagai karakter Dill dalam "To Kill a Mockingbird". Capote juga menggunakan Lee sebagai karakter perempuan tomboy di novel pertamanya "Other Voices, Other Rooms".

"To Kill a Mockingbird," diterbitkan pada tahun 1960, kemudian memenangi Hadiah Pulitzer tahun berikutnya. Tetapi buku "The Waters of Kronos" karya Conrad Richter mengalahkannya dalam National Book Award. Penggemar Lee dibuat tercengang dengan penerbitan novel yang tersimpan selama 55 tahun, "Go Set a Watchman" yang ternyata ditulis sebelum "To Kill a Mockingbird".

Dan yang juga membuat lebih terkejut bahwa tokoh pahlawan Atticus diambil berdasarkan dari sosok ayahnya Lee. Lee dan aktor Gregory Peck, pemeran Atticus, menjadi teman selama pembuatan film "To Kill a Mockingbird." Persahabatan mereka terus berlanjut, Lee tetap dekat dengan keluarga Peck dan cucu Peck, Harper Peck Voll, dinamakan untuk menghormati Lee.

"To Kill a Mockingbird" menciptakan industri rumahan di kota kelahiran Lee, Monroeville, Alabama, dengan sebuah museum yang didedikasikan untuk itu, meskipun Lee mengajukan gugatan mengklaim bahwa museum tersebut menjual barang dagangan tanpa izin, seperti minuman "To Kill a Mockingbird".

Aktris Sandra Bullock ( "Infamous" pada tahun 2006) dan Catherine Keener ( "Capote" pada tahun 2005) berperan sebagai Lee dalam film tentang penulisan buku "In Cold Blood" karya Truman Capote.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro