Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Malapraktik: Begini Cara IDI Membela Dokter Bermasalah

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyatakan akan konsisten membantu dan memperjuangkan anggotanya yang tengah menghadapi masalah dalam menjalankan profesinya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Februari 2016  |  11:22 WIB
Ilustrasi - hrinc.com
Ilustrasi - hrinc.com

Bisnis.com, PADANG - Ikatan Dokter Indonesia menegaskan sikapnya untuk tetap memberi bantuan kepada para dokter anggota IDI yang sedang menghadapi masalah.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyatakan akan konsisten membantu dan memperjuangkan anggotanya yang tengah menghadapi masalah dalam menjalankan profesinya.

"Terkait masalah tuduhan malapraktik dan persoalan lain yang menimpa anggota perkumpulan, IDI akan berada di garis terdepan membelanya selama itu belum adanya ketukan palu hakim," kata Koordinator PB IDI untuk wilayah Sumatera bagian tengah Syafruddin Alun, di Padang, Rabu (24/2/2016).

Berbagai persoalan yang menimpa dokter beberapa waktu terakhir ini telah menjadi agenda pembahasan pengurus. Mulai tuduhan malapraktik terhadap pasien, tuduhan asusila dan persoalan jaminan kesehatan.

Malapraktik dalam dunia kedokteran dimaknai sebagai praktik kedokteran yang salah, tidak tepat, menyalahi undang-undang atau kode etik.

Dalam menanggapi berbagai persoalan tersebut, katanya, IDI akan menggunakan dua prinsip yakni persoalan menurut etika dan hukum.

Bila persoalan menurut etika yang dilakukan dokter, penyelesaiannya akan melalui dewan etik yang ada di IDI. Persoalan etika ini dapat diselesaikan dengan catatan dokter mau bermusyawarah dan memperbaiki kesalahan.

Sedangkan melalui jalan hukum, pihaknya mempersilakan instansi yang bergerak dalam bidang tersebut menyelesaikan persoalan.

"Urusan dalam hukum pihak IDI tidak tinggal diam," Imbuhnya.

Seperti tuduhan kriminal dan lainnya bila hal tersebut belum terbukti IDI siap membela anggotanya.

Bahkan untuk memperkuat pembelaan ini dan telaah masalah dalam bidang hukum tersebut, banyak dokter yang mengambil kekhususan ilmu tersebut, ia menjelaskan.

Meskipun demikian pihaknya tetap menghormati instansi hukum bila anggotanya terbukti bersalah dengan mempersilakan memproses sesuai aturan yang berlaku.

"Terkait jaminan sosial, IDI juga selalu memperjuangkan hak dokter di pemerintah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malpraktek malapraktik

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top