Ilustrasi/Thenewspaperworks
Travel

TRAVEL BLOGGING, Tip bagi Para Pemula

Rezza Aji Pratama & Wike D. HerlindaA
Minggu, 28 Februari 2016 - 00:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbicara soal aktivitas blogging, tidak bisa lepas dari nama Enda Nasution. Sosok yang kini mengelola situs sosial media Sebangsa.com ini dijuluki sebagai bapak blogger Indonesia.

Bila dulu orang ngeblog hanya sekadar hobi, saat ini dia melihat para blogger sudah bisa menghasilkan uang dari blog-nya. “Blog saat ini lebih mirip dengan content creator yang karya-karyanya dicari netizen. Pada akhirnya, ini menjadi perhatian agensi untuk mengiklankan produk mereka. Sekarang banyak blogger yang bisa hidup dari aktivitas blogging,” katanya.

Khusus untuk travel blogging, tema travelling merupakan salah satu konten populer yang banyak dicari orang seperti halnya kuliner, gadget, atau fesyen. Jadi, jangan heran kalau akhirnya banyak yang bisa menghasilkan uang dari travel blogging karena memang banyak industri pendukungnya seperti perhotelan, gadget, kuliner, dan lain-lain.

Selain itu, travel blogger juga bisa memanfaatkan kepopulerannya untuk menjadi agen perjalanan, seperti membuka open trip ke untuk destinasi wisata tertentu.

Berikut tip sukses menjadi travel blogger, khususnya bagi pemula:

  1. Pilih dulu plafonnya, apakah mau di wordpress atau bikin portal sendiri. Timbang-timbanglah mana yang lebih menguntungkan.
  2. Kalau mau tetap eksis harus menawarkan konten yang unik dan berbeda. Pilihlah tema-tema khusus dan mengerucut, misalnya travel blogging khusus ecotourism, atau blog khusus traveler muslimah.
  3. Harus berani membuat konten yang belum banyak digarap orang, misalnya properti atau asuransi.
  4. Konsistensi. Banyak blogger pemula yang ingin instan, padahal yang berat adalah menjaga konsistensi jalan-jalan dan tetap rajin menulis di blog.
  5. Untuk mendapatkan pembaca, harus bangga dulu menjadi travel blogger, serta harus bergaul dengan teman-teman blog lain dan aktif di komunitas.
  6. Harus punya pembeda dan karakter yang kuat, bisa dengan gaya tulisan yang santai dan ringan untuk pembaca atau menggunakan warna font yang beda-beda.
  7. Sebaiknya travel blog memiliki foto yang bagus dan informatif, sehingga pembaca mendapatkan gambaran visual tentang destinasi yang diceritakan.
  8. Jangan memaksakan diri. Banyak orang yang ingin agar blognya banyak tulisan, tapi malah mengunggah konten yang tidak berkualitas.
  9. Gunakan banyak plafon media sosial untuk mempromosikan konten blog. Setiap selesai mengunggah tulisan, jangan lupa untuk dibagikan di akun-akun media sosial yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (28/2/2016)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro