Makan siang di kantor/ilustrasi
Health

4 Kebiasaan Buruk Saat Makan Siang di Kantor

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 16 Maret 2016 - 13:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Banyak pegawai yang melewatkan waktu makan siangnya karena sibuk bekerja, atau terkendala pertemuan penting yang tidak bisa ditinggalkan.

Ada banyak juga orang yang makan siang sambil bekerja. Akibatnya, mereka tidak memakan menu makan siangnya dengan baik, yang pada akhirnya akan mengganggu system pencernaan tubuhnya.

Hal ini biasanya dianggap yang wajar saja dilakukan. Karena ada pemikiran bisa menyelesaikan dua hal sekaligus, yakni mengisi perut sekaligus pekerjaan terselesaikan.

Padahal kebiasaan tersebut sangatlah buruk, dan bisa mengganggu kesehatan Anda dalam jangka waktu yang cukup lama. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan pegawai saat makan siang.

Makan dengan cepat

Makan cepat dapat merusak kesehatan tubuh untuk berbagai alasan,  demikian kata ahli gizi Shona Wilkinson. Sangat penting untuk kita duduk tegak sambil makan, bukannya membungkuk di atas meja, dan itu juga penting untuk makan secara perlahan. Makan dengan cara duduk tegak meningkatkan pencernaan Anda, yang mengurangi kembung dan ketidaknyamanan.

Malas mengunyah

Mengunyah setiap suapan secara perlahan dan menyeluruh juga melepaskan lebih banyak nutrisi dari makanan, sehingga membuat tubuh lebih sehat. Sedangkan menelan potongan makanan sekaligus tanpa mengunyah dengan baik dapat partikel tidak tercerna untuk fermentasi dalam usus, menyebabkan lebih kembung.

Makan terburu-buru

Jika makan siang selalu terburu-buru, Anda dapat memilih makanan dengan sembarangan, sehingga kebanyakan memakan makanan yang tidak bergizi dan memiliki kandungan gula yang tinggi. Makanan manis dan tinggi karbohidrat saat makan siang akan menyebabkan menurunnya energi pada sore hari. Karena, makanan tersebut akan memberikan ledakan energi yang cepat tapi kemudian Anda akan mengalami penurunan cepat kadar gula darah, sehingga Anda lelah dan lesu.

Protein, di sisi lain, akan memperlambat pelepasan gula dari karbohidrat ke dalam aliran darah Anda dan meninggalkan Anda rasa kenyang yang lebih lama dengan lebih banyak energi.

Tidak istirahat setelah makan siang

Mengambil waktu istirahat setelah makan siang memberikan tubuh Anda kesempatan untuk melepaskan cholecystokinin, atau CCK. Hormon ini yang memungkinkan otak kita untuk merekam dan memerintahkan agar tidak merasa lapar lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro