Poster Kidung Dandaka /acara-event.com
Show

Saksikan Pergelaran Opera Jawa Klasik Kidung Dandaka

Tisyrin Naufalty Tsani
Sabtu, 16 April 2016 - 00:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Promotor kegiatan seni Abisatya Sarasati mengadakan pergelaran opera jawa klasik bertajuk Kidung Dandaka. Kidung Dandaka terinspirasi dari cerita Ramayana yang merupakan saduran dari buku Anak Bajang Menggiring Angin karya Rm Sindhunata.

Pementasan yang akan berlangsung di Gedung Kesenian Jakarta 22-23 April 2016 pukul 19.00 WIB ini merupakan karya dari tiga maestro tari yaitu Retno Maruti, Sulistyo Tirtokusumo dan Sentot S.

Pementasan akan melibatkan beberapa penari dan pengrawit dari Institute Seni Indonesia (ISI) Solo, Yogyakarta dan Sanggar Padneçwara serta Institut Kesenian Jakarta (IKJ). 

Kidung Dandaka berkisah tentang Rama dan Sinta yang harus menjalani pembuangan di hutan selama 13 tahun, semua berawal dari kemenangan Rama dalam sayembara Mantili yang membawanya pada kesengsaraan. Cobaan dan penderitaan terus datang pada Rama sampai dia harus berpisah dengan Sinta.

Cinta Rama dan Sinta menjadi perlambang persatuan sejati, cinta yang bisa melebur dosa-dosa manusia.  Untuk itulah Sinta rela menderita demi kesetiannya pada Rama. Sinta telah berbuat segala-galanya, karena dia percaya dari penderitaannya, suaminya akan mendapat kemuliaan.

“Pergelaran ini juga menjadi sebuah bentuk kepedulian dan kesungguhan hati untuk menjaga warisan budaya bangsa serta mengajak masyarakat, bersama-sama mempertahankan dan melestarikan keutuhan kebudayaan tradisi Nusantara agar tidak hilang ditelan perubahan jaman,” ujar Produser Eksekutif Kidung Dandaka Andang W. Gunawan melalui siaran pers, Jumat (15/4/2016).

Andang berharap pertujukan tari ini bisa menghidupkan kembali minat remaja akan tarian tradisional yang mulai ditinggalkan dan kini saatnya mereka bangga akan warisan budaya leluhur bangsa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro