Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alumni FISIP dan Teknik Mesin UI Lakukan Aksi Donor Darah

JAKARTA -- Alumni FISIP dan Teknik Mesin UI angkatan 87 menyelenggarakan kegiatan sosial program Donor Darah (Dondar) sambil Kopi Darat (Kopdar) di pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Sabtu (14/5/2016).
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 15 Mei 2016  |  08:00 WIB
donor darah, ilustrasi - pmi.or.id
donor darah, ilustrasi - pmi.or.id

Bisnis.com, JAKARTA  -- Alumni FISIP dan Teknik Mesin UI angkatan 87 menyelenggarakan kegiatan sosial program Donor Darah (Dondar) sambil Kopi Darat (Kopdar) di pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Sabtu (14/5/2016).

“Program ini diharapkan dapat memfasilitasi para pendonor untuk berbagi dengan  sesama mengingat sampai saat ini kebutuhan masyarakat akan darah sangat tinggi padahal di lain pihak kesediaan darah di PMI masih kurang,” kata Dhara Wyardhiati, Ketua Umum Panitia Dondar, Sabtu (14/5/2016).

Pertimbangannya menyelenggarakan donor darah di pusat perbelanjaan tersebut adalah untuk memotivasi orang-orang agar menjadikan donor darah sebagai gaya hidup.

Kegiatan donor darah secara sukarela, katanya, merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat yang diharapkan dapat membantu ketersediaan darah di PMI sehingga dapat menolong pasien-pasein yang membutuhkan.

“Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kami alumni FISIP dan Teknik Mesin UI 87 menyadari bahwa partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang sosial. Salah satu kegiatan yang rutin kami lakukan adalah Donor Darah,” kata Dhara, alumni FISIP UI 87 di sela-sela acara Dondar tersebut.

Menurut data Kemenkes 2015, dalam 10 tahun terakhir terjadi peningkatan jumlah donor darah, tapi sampai saat ini jumlah persediaan darah belum dapat mencukupi kebutuhan masyarakat. Menurut panduan WHO, produksi darah adalah minimal 2% dari jumlah penduduk. Jika jumlah penduduk di Indonesia pada 2016 sekitar 250 juta, maka kebutuhan darah minimal 5 juta kantong.

Sementara itu, Satyasuryawan Toeanradjo, Ketua Pelaksana acara tersebut mengatakan pelaksanaan donor darah itu merupakan  kegiatan yang ketiga dengan target sekitar 300 kantong darah. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

donor darah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top