Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IFI dan Ananda Sukarlan Center Buka Pendaftaran Kompetisi Piano Nasional

Institut Prancis Indonesia (IFI) dan Ananda Sukarlan Center (ASC) bekerja sama dalam pengembangan dan pendidikan musik klasik yang ditandai dengan penandatangan perjanjian di IFI, pada Kamis (26/5). Melalui ASC diselenggarakan Kompetisi Piano Nasional yang digelar di auditorium IFI.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 24 Mei 2016  |  17:09 WIB
IFI dan Ananda Sukarlan Center Buka Pendaftaran Kompetisi Piano Nasional
Piano - Ilustrasi/wikimedia.org
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Institut Prancis di Indonesia (IFI) dan Ananda Sukarlan Center (ASC) bekerja sama dalam pengembangan dan pendidikan musik klasik yang ditandai dengan penandatangan perjanjian di IFI, pada Kamis (26/5). Melalui ASC diselenggarakan Kompetisi Piano Nasional yang digelar di auditorium IFI.

Setiap tahun, Sang maestro piano Indonesia, Ananda Sukarlan, menyelenggarakan Kompetisi Piano Nasional Ananda Sukarlan Award (ASA) bagi dewasa dan anak-anak. Tujuan kompetisi ini untuk menjaring bakat-bakat baru. Pada penyelenggaraan tahun ini, pendaftaran peserta akan ditutup pada 25 Juni 2016. Adapun, kompetisi akan digelar pada 27-31 Juli 2016.

Juri kompetisi tersebut berasal dari Indonesia, Spanyol, Australia, dan Italia. Pemenang utama untuk kategori senior akan mendapat beasiswa dari IFI dan Kedutaan Besar Prancis untuk mengikuti summer course di Prancis pada 2017.

"ASC dan IFI berkomitmen bekerja sama dan berkolaborasi dalam seni pertunjukan, khususnya seni musik klasik. Sebagai penyelenggara kompetisi piano bertaraf internasional sejak 2008, Ananda Sukarlan Award telah melahirkan pianis muda Indonesia berbakat dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di dalam dan luar negeri," tutur Ananda Sukarlan seperti dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (24/5/2016).

Bagi pemenang Kompetisi Piano Nasional Ananda Sukarlan Award tahun 2014, Anthony Hartono, summer course di Prancis adalah kesempatan besar untuk memiliki relasi baru yang penting untuk perjalanan karier musiknya. Selain itu, mengikuti kompetisi ini dapat mengevaluasi kemampuan diri sendiri dan menambah wawasan.

Saat ini, Anthony sedang menyelesaikan studi dengan beasiswa di Yong Siew Toh Conservatory of Music di Singapura. Setelah lulus, dia berencana untuk melanjutkan meraih gelar Master Degree dan tetap mengikuti kompetisi musik klasik bertaraf internasional demi menambah pengalaman.

Selain penyelenggaraan kompetisi piano, IFI dan ASC juga berkolaborasi dalam penyelenggaraan berbagai konser piano, salah satunya konser piano Debussy oleh maestro repertoar klasik legendaris dari Prancis Jean-Louis Haguenauer yang akan diadakan pada tanggal 5 Juni 2016 di Soehanna Hall, The Energy Building SCBD Jakarta.

Konser yang berlangsung dalam rangkaian festival seni budaya Prancis-Indonesia Printemps Français 2016 juga digelar di Bandung (28/5), Surabaya (30/5) dan Medan (1/6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kompetisi
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top