Pulau Maratua/indonesia.travel
Travel

Pulau Terluar: Patung Garuda Akan Jaga Pulau Maratua

Newswire
Minggu, 12 Juni 2016 - 21:46
Bagikan

Bisnis.com, SAMARINDA - Pulau Maratua yang bersama Pulau Kakabang dan Pulau Sangalaki merupakan tiga pulau kecil yang satu gugusan dengan Pulau Derawan akan segera memiliki "penjaga" khusus.

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Republik Indonesia, berencana membangun Tugu Garuda di Pulau Maratua, yang merupakan pulau terluar yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, sebagai tanda pulau perbatasan.

Kepala Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim Frederik Bid di Samarinda, Minggu (12/6/2016), menyatakan pembangunan Tugu Garuda tersebut dibiayai melalui APBN.

"Kami (BPPD Kaltim) bersama Pemda Berau akan melakukan peninjauan lokasi terkait rencana pembangunan Tugu Garuda tersebut. Rencananya, pertengahan atau akhir bulan ini kami tinjau ke lapangan," ujar Frederik.

Peninjauan lokasi katanya, tidak hanya dilakukan oleh BPPD Kaltim dan Pemda Berau tetapi juga nantinya akan secara langsung ditinjau oleh BNPP melalui Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP.

"Bukan hanya meninjau lokasi rencana pembangunan tugu perbatasan saja, kami juga akan melakukan peninjauan terkait monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan program kegiatan dari kementerian atau lembaga pemerintah nonkementerian yang telah dianggarkan melalui APBN," tuturnya.

Saat ini lanjut Frederik, BPPD Kaltim telah berkoordinasi dengan SKPD di Pemda Berau, terkait rencana monitoring pelaksanaan program kementerian di Maratua yang juga sekaligus peninjauan lokasi pembangunan Tugu Garuda.

"Tugu Garuda dibangun sebagai rambu wilayah perbatasan. Tugu tersebut nantinya sebagai penanda bahwa telah berada di wilayah Indonesia. Kami berharap rencana pembangunan tugu tersebut nantinya juga beriringan dengan percepatan pembangunan di Pulau Maratau," harap Frederik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro