Ilustrasi/Thefiscaltime
Fashion

Tantangan Baru Jadi Pemicu Pekerja Profesional Pindah Kerja

Atiqa Hanum
Kamis, 14 Juli 2016 - 19:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Jaringan profesional online dunia, LinkedIn, menyatakan fakta hampir semua profesional di Indonesia (93%) tantangan dan perkembangan karier menjadi pemicu profesional di Indonesia untuk pindah kerja.

Director of Talent Solutions untuk Asia-Pacific LinkedIn Feon Ang mengungkapkan fakta tersebut berdasarkan hasil Studi Talent Trends 2016 dimana sebagian besar pekerja mengaku terbuka terhadap berbagai kesempatan yang menawarkan pekerjaan baru dan dan tertarik untuk menindaklanjutinya.

“Sekitar 45% dari kalangan profesional di Indonesia mengatakan pemicu utama mereka meninggalkan pekerjaan yang digeluti saat ini adalah kurangnya peluang untuk meningkatkan karier,” tegasnya, Kamis (14/7/2016).

Lalu, 37% dari mereka menginginkan pekerjaan yang lebih menantang. Dia menambahkan kedua angka tersebut memperlihatkan meningkatnya ambisi para profesional di Indonesia untuk mendapatkan peran yang lebih menantang, demi pengembangan karier. Dunia ekonomi yang serba digital telah mengubah cara orang dalam mengakses informasi, termasuk mengenai lowongan kerja.

“Studi Talent Trends 2016 oleh LinkedIn ini menganalisis lebih dalam tentang bagaimana pergerakan digital dapat mempengaruhi kandidat profesional di Indonesia menanggapi kesempatan-kesempatan kerja yang ada,” paparnya.

Selain kedua faktor diatas, lanjutnya, mereka juga ingin mendapatkan pengakuan dan kompensasi yang layak bagi kontribusi yang telah diberikan. Tercatat 36% profesional di Indonesia mengungkap ketidakpuasan mereka terhadap kompensasi dan tunjangan yang mereka terima, dan juga penghargaan serta pengakuan atas prestasi kerja.

“Terlebih lagi 59% kalangan profesional Indonesia tertarik untuk mengetahui lebih lanjut soal budaya dan nilai perusahaan tersebut dan lebih menarik dibandingkan informasi tunjangan serta kesejahteraan sebanyak 53% dan lokasi 51%,” katanya.

Hal ini menandakan kalangan profesional Indonesia ingin lebih fokus ke pengembangan jangka panjang, serta lingkungan kerja yang kondusif guna meningkatkan karier mereka. Hal ini konsisten dengan kondisi global dimana platform sosial mengubah cara akses menuju informasi serta kesempatan di luar batas.

"Untuk menarik kandidat profesional terbaik di Indonesia, perusahaan harus mengutamakan brand perusahaan yang kuat dan terhubung dengan aspirasi kandidat profesional yang dinamis ini. Di LinkedIn, kami mendorong karyawan untuk berbagi cerita mengenai budaya dan nilai yang dimaksud,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro