Nihiwatu Hotel/smithandfamily.com
Travel

Nihiwatu Resort Sumba Terpilih Sebagai Hotel Terbaik di Dunia

Atiqa Hanum
Selasa, 19 Juli 2016 - 15:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Pariwisata Indonesia kembali meraih prestasi membanggakan dengan terpilihnya Nihiwatu, Sumba sebagai hotel terbaik dunia lewat ajang “World Best Awards” yang dilansir Majalah Travel + Leisure.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan Nihiwatu meraih skor tertinggi yakni 98,35 mengalahkan hotel-hotel bertaraf internasional lainnya, seperti The Spectactor di Charleston, South Carolina dengan nilai 97,78 dan Huka Lodge di Taupe, New Zealand dengan nilai 97,65.

“Selain Nihiwatu, The St. Regis Bali Resort, Nusa Dua, Bali juga masuk ke peringkat 35 hotel terbaik dunia dengan skor 96,22. Sementara itu beberapa negara ASEAN lain juga behasil masuk ke-100 dalam daftar Hotel Terbaik Dunia versi Majalah Travel + Leisure seperti, Thailand dan Vietnam,” bebernya dalam siaran pers, Selasa (19/7/2016).

Dia menambahkan resort yang terletak di Desa Hobawawi, Wanukaka, Sumba Barat, Nusa Tenggara Barat ini terpilih karena menjadi sebuah destinasi dimana petualangan aktif dan kemewahan mutlak dipadukan dengan serasi bersama dengan unsur-unsur budaya lokal, di sebuah lingkungan yang eksotis dan otentik.

“Dilihat dari daftar pemenang, tren pariwisata saat ini menuju ke ecotourism yang melestarikan budaya lokal. Sebetulnya, di Indonesia banyak hotel yang menerapkan konsep ini. Saya bangga Nihiwatu menjadi contoh sukses ecotourism yang saat ini kita coba terapkan di Indonesia,” jelasnya.

Nihiwatu, lanjutnya, memiliki vila tiga kamar berbentuk rumah pohon, terletak di atas tebing, menghadap langsung Samudera Hindia. Selain itu, ada lebih dari 33 akomodasi vila dengan kolam renang pribadi serta pemandangan indah ke Pantai Nihi. Beragam aktivitas bisa dilakukan di resor, mulai dari paket "safari spa" seharian penuh sampai eksplorasi pulau.

“Wisatawan dapat trekking menuju beberapa air terjun tersembunyi, pesawahan yang indah, juga desa lokal dan desa seniman. Ada pula piknik makan siang komplit dengan jamuan kelapa segar yang baru jatuh dari pohon,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, Occy's Left, private beach yang letaknya tidak jauh dari Nihiwatu merupakan surf spot ternama di kalangan peselancar profesional. Tempat berselancar yang jauh dari hiruk pikuk Canggu, Suluban, dan pantai-pantai mainstream lainnya di Bali.

Managing Partner Nihiwatu James McBride menerangkan penobatan Nihiwatu sebagai Resort Terbaik di Dunia menjadi momen yang membanggakan tidak hanya bagi Nihiwatu, tetapi juga untuk masyarakat Sumba dan bangsa Indonesia.

“Kami memperluas pemahaman kami mengenai persepsi umum akan sebuah ‘resor surgawi’, dan kini telah menciptakan sebuah destinasi yang memiliki rekam jejak geografi yang kuat, dengan ruang gerak yang sangat luas, yang memungkinkan para tamu untuk berkelana di keliaran alam Sumba,” ujarnya.

Perlu diketahui, pariwisata Indonesia diprediksi terus tumbuh yang berarti akan ada lebih banyak orang pergi berlibur dan membutuhkan kamar hotel. Sampai 2019, rencananya akan dibangun 120 ribu kamar hotel. Untuk itu sampai 2019 nanti, total nilai investasi yang dibutuhkan mencapai US$7 miliar. Investasi ini meliputi pembangunan berbagai hal yang berkaitan dengan pariwisata. Selain kamar hotel, ada 15.000 restoran, 1.000 travel agents, 100 taman rekreasi standar internasional, 100 operator diving, 100 marina, 100 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan berbagai fasilitas di bidang pariwisata lainnya. Investasi ini diharapkan berasal dari dalam maupun luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro