Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kualitas dan Kompetensi Dokter Bedah Indonesia Sudah Setara dengan Luar Negeri

Kualitas dan kompetensi bedah plastik di Indonesia diklaim telah setara dengan di luar negeri, sehingga diharapkan warga Indonesia tetap menjalankan bedah plastik di dalam negeri.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Agustus 2016  |  09:15 WIB
Kualitas dan Kompetensi Dokter Bedah Indonesia Sudah Setara dengan Luar Negeri
Implan untuk payudara - fda.gov
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Kualitas dan kompetensi bedah plastik di Indonesia diklaim telah setara dengan di luar negeri, sehingga diharapkan warga Indonesia tetap menjalankan bedah plastik di dalam negeri.

“Kualitas,  kompetensi dan keamanan bedah plastik di Indonesia setara dengan luar negeri, sehingga hampir semua kebutuhan bedah plastik, baik estetik maupun rekonstruksi, dapat dilakukan di tanah air tanpa perlu ke luar negeri," ujar Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI)dr. Budiman, SpBP-RE(K), MARS.

Dia menggaris bawahi asalkan bedah plastik itu dijalankan oleh  dokter spesialis bedah plastik yang memiliki izin praktek dan bersertifikat”.

Menurutnya, selain memiliki kualitas dan kompetensi yang tinggi, pilihan untuk melakukan bedah plastik di negeri sendiri ini didukung pula dengan teknologi dan ketersediaan alat di Indonesia yang up-to-date.

Sementara itu, Dr. dr. Fonny Josh, SpBP-RE(KBM), Ketua Komite Ilmiah PIT PERAPI 2016 mengatakan pihaknya terus mengutamakan keselamatan pasien dengan meningkatkan kualitas dokter bedah di Indonesia.

“Dalam dunia kedokteran, keselamatan pasien adalah hal utama. Melalui Pertemuan Ilmiah Tahunan ini, para dokter bedah plastik di tanah air saling berbagi pengetahuan, keahlian, dan pengalaman demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan bedah plastik," ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa perkembangan ilmu dalam bedah plastik rekonstruksi dan estetik semakin pesat, begitupun dengan perkembangan teknologi yang menjadi peralatan pendukung dalam melakukan praktik bedah plastik.

Karenanya, setiap dokter bedah plastik Indonesia perlu terus-menerus membekali diri dengan ilmu pengetahuan terkini demi memberikan layanan yang optimal dan menjamin keselamatan pasien.
dr. Irena Sakura Rini, MARS, SpBP-RE, Wakil Ketua PERAPI Pusat, menjelaskan lebih lanjut bahwa keanggotaan PERAPI justru meningkatkan kualitas dokter spesialis bedah plastik di Indonesia.

“Ketika seorang dokter spesialis bedah plastik bergabung dengan PERAPI, dia otomatis diidentifikasi sebagai seorang dokter spesialis bedah plastik yang berkualitas karena untuk menjadi anggota dia harus memenuhi persyaratan administratif yang hanya bisa diperoleh melalui proses yang ketat," ujarnya.

Setelah itu, lanjutnya, dia juga mendapatkan kesempatan untuk mengakses ilmu dan perkembangan terbaru seputar dunia bedah plastik, tidak hanya di Indonesia tetapi juga dari dunia internasional,  karena PERAPI selalu aktif mengembangkan kompetensi para anggotanya,” jelas dr. Irena 

Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI), tahun ini telah menggelar Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) ke-20 atau The 20
th Annual Scientific Meeting Indonesian Association of Plastic Reconstructive and Aesthetic Surgeons (InaPRAS), dengan menghadirkan pakar bedah plastik dari berbagai belahan dunia serta para dokter senior bedah plastik Indonesia. PIT ke-20 yang telah diselenggarakan pada 26-28 Mei 2016 di Makassar ini bertemakan “Bridging Scientific Advances and Reality in Daily Practice”.
 
PIT ke-20 dihadiri oleh sekitar 300 orang peserta yang terdiri dari dokter bedah plastik Indonesia yang bernaung di bawah PERAPI, dokter umum, dan dokter spesialis lainnya dari seluruh Indonesia. Menurut ketua PERAPI Pusat, dr. Budiman, SpBP-RE(K), MARS, “Sebagai lembaga resmi yang manaungi profesi bedah plastik di Indonesia, PERAPI selalu berupaya meningkatkan kompetensi dokter bedah plastik di Indonesia. Hal ini kami lakukan untuk meningkatkan dan menyetarakan kualitas dan kompetensi dokter bedah plastik di tanah air dengan dunia internasional.”
 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bedah bedah plastik
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top