Show

Alasan Oscar Lawata Mencetuskan Gerakan I am Indonesian

Azizah Nur Alfi
Selasa, 11 Oktober 2016 - 06:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Galeri Indonesia Kaya menggelar pameran foto I am Indonesian sejak 10 Oktober - 23 Oktober 2016 di Lobby Shinta dan Plaza Shinta (lantai 3) East Mall Grand Indonesia. Pameran foto sebagai perayaan ulang tahun Galeri Indonesia Kaya yang ketiga ini, menampilkan potret 100 pekerja seni dari sisi yang berbeda. 

Sebanyak 100 seniman lintas generasi ini mengenakan busana siap pakai Oscar Lawalata yang diabadikan melalui bidikan lensa kamera fotografer Glenn Prasetya. Busana berwarna putih ini menggunakan kain tenun khas Indonesia dengan aneka motif batik yang selaras dengan gaya minimalis modern. 

Para pekerja seni yang terlibat dalam pemotretan ini terdiri dari 100 seniman lintas generasi dan genre mulai dari senior hingga generasi muda. Beberapa nama diantaranya, Addie MS, Yovie Widianto, Agus Noor, Butet Kartaredjasa, Be3, Chelsea Islan, Denny Wirawan, Dewi Lestari, Erwin & Gita Gutawa, Garin Nugroho, Happy Salma, Jay Subiyakto, Joko Anwar, Julie Estelle, Maudy Koesnaedi, Monita Tahalea, Nano & Ratna Riantiarno, Reza Rahadian, Ria Irawan, Sapardi Djoko Damono, Sundari Soekotjo, Sujiwo Tedjo, Titi DJ, Trio Lestari, Titiek Puspa, Wawan Sofwan dan banyak lainnya.

I am Indonesian adalah sebuah gerakan sosial yang digagas oleh Oscar Lawalata yang didorong akan kecintaannya terhadap budaya Indonesia. Dengan kreasinya, Oscar mengolah kain tradisional menjadi karya seni dalam potongan fashion modern.

Oscar Lawalata, fashion designer, mengatakan pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia fashion membuatnya bertemu dan bertukar cerita dengan para pengrajin kain Indonesia di berbagai daerah. Dia mengetahui ternyata ada banyak filosofi, kasih, dan kehangatan dalam selembar kain yang dihasilkan. 

Dari pengalaman tersebut, Oscar menyadari bahwa Indonesia memiliki keindahan budaya Nusantara yang tidak dimiliki bangsa lain. Kekayaan ini seharusnya menjadi kebanggaan bagi masyarakatnya. Hal ini yang mendorongnya mencetuskan gerakan yang mampu meningkatkan kebanggaan, sehingga setiap orang akan berkata I am Indonesian. 

"Semangat ini sejalan dengan Galeri Indonesia Kaya yang memiliki komitmen dan semangat kebersamaan untuk mengembangkan seni dan budaya Indonesia yang beraneka ragam. Karena itu saya menyambut baik ketika diajak untuk ikut memeriahkan ulang tahun Galeri Indonesia Kaya ketiga ini," tutur Oscar Lawalata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro