Cek kesehatan melalui mulut/Istimewa
Health

Begini Dampaknya jika Lidah Kotor

Newswire
Jumat, 25 November 2016 - 10:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga kesehatan mulut ternyata tidak cukup hanya menyikat gigi. Lidah juga menjadi bagian penting untuk dijaga kebersihannya.

Lidah yang kotor tidak hanya mengakibatkan orang kehilangan rasa, tapi juga sariawan, oral candidodis (lapisan putih), hingga risiko penyakit berbahaya seperti kanker.

Profesor. Dr. drg. Melanie S. Djamil, MBiomed FICD Lab BioCORE mengungkapkan, bahwa rongga mulut itu bukan hanya gigi yang dibersihkan tapi gusi, langit-langit mulut, dan lidah.

"Lidah memiliki bulu halus yang bisa dilihat mikroskop yang berfungsi sebagai sensor pengecap. Coba bayangkan saja kalau tidak dibersihkan, kita akan kehilangan rasa dan risiko penyakit berbahaya," ujar Melanie dalam acara edukasi Formula Kesehatan Gigi dan Mulut beberapa waktu lalu.

Namun, kata Melanie, setiap orang masih kurang kesadaran untuk menjaga kebersihan lidah. Hal itu tanpa disadari membuat kita kehilangan sensor rasa.

"Sebaiknya sikat lidah dilakukan dengan sikat gigi yang lembut. Usahakan gunakan sikat gigi dengan ujung yang kecil sehingga mudah membersihkan lidah," tegasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro