Kamar mandi/Antara
Relationship

Ini Yang Harus Diperhatikan Dalam Mendesain Kamar Mandi

Dika Irawan
Senin, 28 November 2016 - 06:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Kita sepakat kamar mandi wajib tersedia di setiap hunian.

Bisa dibayangkan betapa sulitnya hidup di sebuah rumah tak berkamar mandi. Namun ada baiknya pula kita tidak asal-asalan dalam membangun atau merenovasi ruang tersebut, melainkan mesti cermat dan tepat agar hasilnya nyaman, bersih, dan apik. Ada beberapa hal paling penting yang harus diingat penghuni rumah saat merenovasi kamar ini yaitu material yang dipilih mudah perawatannya, kemudian mesti memaksimalkan efisiensi energi, dan fokus pada kecerahan sedapat mungkin.

Sementara dari aspek kesehatan, Dimas Suryono, desainer interior dari studio Imanoo mengatakan kamar mandi tersebut wajib memperhatikan sirkulasi dan arus udara yang baik. Cara yang dapat ditempuh mewujudkan hal ini antara lain dengan penggunaan dinding rooster atau dinding berlubang dan exhaust fan, penghisap udara di dalam ruangan agar dibuang ke luar, saat yang sama menarik udara segar di luar ke dalam ruangan.

Selain itu jalur pipa pembuangan mesti diperhatikan titik penempatannya dan kemiringan lantai menuju drainase. Sehingga, air hasil dari aktivitas di kamar mandi dapat mengalir lancar menuju pembuangan.

Sebab air yang menggenangi kamar mandi tidak sehat dan mengundang banyak penyakit. Adapun untuk posisi kamar mandi penghuni bebas menentukan sesuai selera masing-masing. Namun yang perlu diperhatikan terkait posisi kamar mandi ini yaitu sirkulasi udara luar. Sekali lagi, salah satu sarat kamar mandi yang adalah lancarnya sirkulasi udara. Soal kenyamanan, Dimas mengungkapkan idealnya tiap kamar tidur di dalam rumah terdapat kamar mandi. Dengan demikian para penghuninya tak perlu repot-repot untuk mengantre saat ada kebutuhan ke kamar mandi.

Namun bukan hal mudah untuk merealisasikan hal tersebut selain ongkos yang dikeluarkan besar. "Tetapi apabila ruang terbatas, maka penghuni rumah bisa menggunakan kamar mandi bersama," ujarnya Minggu (27/11/2016). Bicara soal luas kamar mandi. Dimas mengatakan ukuran luas kamar mandi yang nyaman itu 1/4 dari luas bangunan yang ada. Ukuran ini berbanding lurus dengan keseluruhan bangunan. Jadi tinggal disesuaikan saja ukuran tersebut dengan tipe rumah seperti 36, 45, 60 dan seterusnya. "Untuk ukuran minimal kamar mandi itu 3 m2. Luas tersebut sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan penghuni di kamar mandi," ujarnya

Sebelum mendesain kamar mandi Anda pun mesti memperhatikan fungsinya seperti sebagai tempat membersihkan tubuhnya. Dengan cara begitu kamar mandi tersebut mesti menunjang aktivitas bersih-bersih tersebut. Selanjutnya penghuni tinggal menentukan tipe-tipe kamar mandi yang diinginkan. Misalnya tipe powder room, kamar mandi kering hanya ada washtafel dan vanity miror atau kaca. Tipe 3/4, kamar mandi tersedia closet, washtafel, dan shower.

Tipe full, fasilitas yang tersedia di kamar mandi yaitu closet, washtafel, shower, dan bathub. Setelah Anda mengetahui tipe kamar mandi idaman, baru membuat tata letak posisi serta kebutuhan tambahan lainnya umpamanya, air panas dan dingin. Jika menginginkan hal tersebut maka dampaknya pada pengadaan pipa serta pipa buangannya termasuk pengadaan air panasnya. "Begitu seterusnya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada," ujarnya.

Sementara itu elemen lainnya, Dimas menyarankan untuk kamar mandi basah penghuni rumah rumah dapat memilih keramik kasar atau bertekstur. Kalau elemen dinding bebas, tetapi biasanya para penghuni memilih keramik persegi yang bisa dipasang horizontal untuk memberikan efek lebar.

Kemudian keramik tersebut dipasang vertikal untuk menghadirkan efek tinggi apabila ruang kecil. "Bahkan untuk di kamar mandi kering, si pemilik rumah tidak perlu takut untuk mengaplikasikan material wallpaper karena kelembapannya tidak tinggi," imbuhnya.

Dimas mengatakan untuk dekorasi kamar mandi kembali dicocokkan dengan konsep hunian. Pasalnya tiap orang memiliki selera desain yang berbeda-beda sehingga tidak dapat dipukul rata. Misalnya kini tak sedikit para pemilik rumah berani menaruh benda-benda seni di kamar mandi dengan dalih memperkuat gaya dari elektik desain. Untuk jendela di kamar mandi tidak ada aturan yang mengharuskan. Bila memadai maka sudah seharusnya jendela dihadirkan di kamar mandi. Besaran jendela ini bisa didesain terintegrasi dengan bentuk bangunan agar terlihat cantik. "Kalau tidak memadai jendelanya maka bisa menggunanakan exhaust," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro