Cincin Mokume Gane/
Fashion

Tren Cincin Logam Lapis Mokume Gane

Wike Dita Herlinda
Rabu, 7 Desember 2016 - 06:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Anda pasti tahu pedang katana kan? Senjata kebanggaan para samurai Jepang itu tidak hanya sekadar menjadi alat dalam peperangan pada akhir 1600-an hingga awal 1800-an, tetapi dijadikan juga sebagai perlambang status sosial seseorang.

Sebilah katana otentik pasti memiliki dekorasi khas pada mata pedangnya dan pegangannya. Semakin berkualitas dan elaboratif motif dan ornamen sebuah samurai, semakin tinggi pula status sosial dan kekayaan dari pemiliknya.

Keindahan seni mendekorasi dari Jepang tersebut telah lama diakui dunia. Adapun, teknik menempa katana yang rumit itu dikenal juga sebagai mokume gane. Dalam bahasa Jepang, mokumeberarti bijih kayu, dan gane berarti logam.

Teknik tersebut diperkenalkan pada abad ke-17 oleh empu logam terkenal dari Prefektur Akita bernama Denbei Shoami. Pada waktu itu, dia mulai mengombinasikan bijih kayu sebagai penghias bilah pedang samurai.

Dengan teknik mokume gane, dia berhasil menciptakan efek logam berlapis-lapis dengan cara dipanaskan dan ditempa berkali-kali. Lapisan-lapisan itu terkomposisi dari berbagai macam kombinasi logam, sehingga menghasilkan motif-motif yang unik.

Menguasai teknik penempaan logam alamokume gane bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan pemahaman yang tinggi terhadap berbagai karakter material logam serta teknik pengerjaan yang rumit untuk menghasilkan motif lapis yang indah.

Namun, tingkat kesulitan yang tinggi itu tidak menghentikan langkah James Binnion untuk mengadaptasi teknikmokume gane dalam proses produksi berbagai perhiasan nan indah dan bergaya edgy.

Pada Mei 2002, desainer perhiasan logam asal Amerika Serikat itu mulai memperkenalkan teknik mokume gane ke publik internasional di sela-sela konferensi teknologi manufaktur perhiasan Santa Fe Symposium.

Sejak saat itu, teknik mokume gane mulai lazim diterapkan untuk menghasilkan berbagai produk perhiasan logam bernilai seni tinggi. Salah satu yang paling populer adalah produk cincin dengan detail motif logam lapis nan elegan dan eksklusif

“Saya mengembangkan teknik mokume gane modern dengan material dan peralatan yang tersedia. Proses laminasinya dilakukan dengan menjepit antara 10 hingga 30 lapisan berbagai jenis logam seperti platinum, emas, palladium, perak, dan besi,” papar Jim di situs resminya.

Setelah dilaminasi, lapisan logam tersebut lantas dilebur tetapi tidak dicairkan dengan menggunakan panas dan tempaan. Hasil dari proses tersebut dimanai billetNahbillet inilah yang nantinya ditempa dan digulung hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.

Billet-billet tersebut memiliki berbagai motif unik yang dihasilkan dari laminasi lapisan-lapisan logam. Setelah dipipihkan, billet siap digulung berkali-kali untuk menghasilkan produk yang diinginkan. Misalnya saja cincin.

Karena prosesnya yang manual dan rumit, motif yang dihasilkan untuk setiap produk tidak akan sama satu dengan lainnya. Sehingga, dijamin Anda akan mendapatkan motif logam lapis yang eksklusif.

Saat ini, perhiasan-perhiasan dari teknikmokume gane banyak diminati oleh pasangan-pasangan yang hendak menikah sebagai cincin pertunangan atau pernikahan mereka. Nah, jika Anda sedang mencari inspirasi cincin komitmen unik, tidak ada salahnya melirik koleksi unik mokume gane ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro