Ilustrasi Depresi/Istimewa
Health

Depresi Penyebab Utama Orang Bunuh Diri

Newswire
Jumat, 7 April 2017 - 10:19
Bagikan

4. Kenali Gejala

Peringatan Hari Kesehatan Dunia 7 April tahun ini mengangkat tema masalah depresi untuk mengampanyekan pencegahan dan penanganan gangguan kesehatan jiwa itu. Tujuannya, memampukan lebih banyak orang dengan gangguan kejiwaan hidup sehat dan produktif.

Penanganan depresi bisa dilakukan dengan mudah oleh orang-orang terdekat, hanya dengan mengajak mereka bicara dan mendengarkan mereka, kalau gejalanya dikenali dini.

Depresi bisa terjadi pada ibu yang baru melahirkan seperti Yana; juga pada orang lanjut usia yang kesepian dan tanpa kegiatan; serta anak-anak yang menghadapi banyak tuntutan dari orang tua, sekolah, orang tua, dan dalam hubungan pertemanannya.

Gejala gangguan jiwa itu bisa dilihat dari perubahan sikap. Orang yang mengalami depresi biasanya menjadi lebih sering menyendiri, sedikit berbicara, aktivitasnya menurun, dan tidak mau mengerjakan hal-hal yang biasanya disukai.

"Itu saja sudah menjadi lampu kuning bagi kita," kata Diah.

Memberikan perhatian lebih, mengajak bicara dan menjadi pendengar yang baik bagi orang-orang yang sedang mengalami depresi bisa meringankan beban mereka, membantu mereka pulih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro