Cara Mengatasi "Vaginal Dryness"

Pernah mendengar istilah vaginal dryness? Ini adalah sebuah kondisi yang menyebabkan daerah kewanitaan menjadi kering. Akibatnya, seorang wanita akan merasa tidak nyaman atau bahkan nyeri ketika berhubungan seksual.
Rezza Aji Pratama
Rezza Aji Pratama - Bisnis.com 23 Mei 2017  |  15:26 WIB
Cara Mengatasi
Pasangan menolak berhubungan intim - topnews.in

Bisnis.com, JAKARTA -- Pernah mendengar istilah vaginal dryness? Ini adalah sebuah kondisi yang menyebabkan daerah kewanitaan menjadi kering. Akibatnya, seorang wanita akan merasa tidak nyaman atau bahkan nyeri ketika berhubungan seksual.

Psikolog Elizabeth Santosa menjelaskan beberapa faktor yang menyebabkan vaginal dryness, antara lain; faktor usia yang menyebabkan lublikasi alami semakin berkurang, faktor biologis, kurangnya pemanasan, hingga faktor eksternal seperti tubuh yang tidak fit atau muncul kebosanan.

“Lubrikasi merupakan kunci dari hubungan seksual. Bagi wanita, lubrikasi merupakan bagian penting dari gairah seksual, karena hal ini membantu mempersiapkan proses penetrasi, sehingga memudahkan Mr.P untuk masuk Ms.V, serta mengurangi gesekan atau iritasi yang menyertainya. Nyeri saat berhubungan sering disebabkan oleh lubrikasi yang tidak cukup,” ujarnya, Selasa (23/5/2017).

Begitu pentingnya peran lubrikan atau pelumas dalam berhubungan, sehingga menyebabkan aktivitas seks tanpa lubrikan dapat menimbulkan luka dan nyeri di daerah kewanitaan, serta rasa tidak nyaman bagi pasangan Anda. Padahal, beberapa pasangan lebih suka menikmati durasi lama pada saat bercinta, yaitu antara 25 hingga 30 menit.

Selain itu, lubrikan dapat membantu untuk menciptakan variasi dalam berhubungan seks, sehingga dapat meningkatkan hormon dopamine atau happy hormone dalam tubuh yang berfungsi untuk memotivasi seseorang menciptakan hubungan yang lebih erat dengan pasangannya.

Saat ini tersedia lubrikan buatan yang bisa dimanfaatkan oleh para pasangan untuk memaksimalkan sensasi saat berhubungan seksual. Psikolog yang akrab disapa Lizzy ini pun memberikan panduan untuk meningkatkan gairah seksual dengan lubrikan, yaitu:

Explore Each Other's

Gunakan lubrikan untuk mencium atau memijat bagian tubuh pasangan Anda sebagai pemanasan dan memberikan stimulasi

Communication is the key

Lakukan komunikasi secara terbuka dengan pasangan tentang bagian tubuh yang bias dieksplorasi, agar dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit

Stay hidrated

Minum air mineral yang banyak dan konsumsi berbagai nutrisi yang bagus untuk daerah kewanitaan seperti yogurt, jus cranberry, ubi, kedelai, alpukat maupun almond. Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke pelvic area

Careful cleaning

Penting untuk selalu menjaga higienitas daerah kewanitaan. Pastikan untuk membasuh daerah kewanitaan minimal dua kali sehari dan hindari menggunakan sabun/krim, terutama yang mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu PH alami daerah kewanitaan.

Use personal flavored lubricant

Tak hanya kondom yang memiliki rasa, lubrikan juga menawarkan rasa menarik seperti misalnyastrawberry.Lubrikan dengan varian rasa dapat membantu Anda untuk mencoba variasi lain dalam bercinta, sehingga lebih mendekatkan Anda dengan pasangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
seks

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top