Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kopi Kurangi Risiko Diabetes

Penelitian terbaru menunjukkan kopi bisa menurunkan risiko diabetes.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 09 September 2017  |  06:35 WIB
Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa
Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Penelitian terbaru menunjukkan kopi bisa menurunkan risiko diabetes.

Apakah Anda minum secangkir kopi kapan ketika stres? Saya yakin sebagian besar dari Anda meminumnya. Nah, jika Anda termasuk di antara mereka maka inilah satu alasan lagi untuk memilih secangkir kopi.

Dikutip dari laman Boldsky.com,  Jumat (8/9/2017), para ilmuwan telah mengidentifikasi senyawa dalam minuman yang dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Peneliti dari Aarhus University Hospital di Denmark juga menemukan bahwa salah satu senyawa yang belum diuji tampaknya memperbaiki fungsi sel dan sensitivitas insulin pada tikus di laboratorium.

Temuan tersebut bisa memacu perkembangan obat baru untuk mengobati atau bahkan mencegah penyakit diabetes. Penelitian sebelumnya menunjukkan, bahwa senyawa dalam kopi yang disebut cafestol meningkatkan sekresi insulin pada sel pankreas saat terpapar glukosa.

Cafestol juga meningkatkan penyerapan glukosa pada sel otot, sama efektifnya dengan obat antidiabetes yang umum diresepkan.  Peneliti ingin melihat apakah cafestol akan membantu mencegah atau menunda timbulnya diabetes tipe 2 pada tikus.

Untuk itu, peneliti membagi tikus yang rentan terkena diabetes tipe 2 menjadi tiga kelompok. Dua dari kelompok diberi cafestol dengan dosis berbeda.

Setelah 10 minggu, tikus yang diberi makan cafestol memiliki kadar glukosa darah rendah dan kapasitas sekresi insulin meningkat dibandingkan dengan kelompok kontrol, yang tidak diberi cafestol.

Cafestol juga tidak menyebabkan hipoglikemia, atau gula darah rendah, efek samping yang mungkin muncul dari beberapa obat antidiabetes.

Pada akhir penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi cafestol setiap hari dapat menunda timbulnya diabetes tipe 2 pada tikus, dan ini adalah  calon yang baik untuk pengembangan obat untuk mengobati atau mencegah penyakit pada manusia. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Journal of Natural Products.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top