Ini 18 Vaksin orang Dewasa yang Direkomendasikan

Siapa bilang vaksin hanya ditujukan untuk anak-anak? Pasalnya, orang dewasa juga penting melakukan vaksinasi. Setiap tahun, terdapat jutaan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit akibat kurangnya kesadaran akan vaksinasi.
Mia Chitra Dinisari | 20 September 2017 13:49 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa bilang vaksin hanya ditujukan untuk anak-anak? Orang dewasa juga penting melakukan vaksinasi. Setiap tahun, terdapat jutaan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit akibat kurangnya kesadaran akan vaksinasi.

Situasi ini mendorong berbagai elemen untuk mengambil langkah dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi.

Disease Prevention Expert yang juga CEO dari In Harmony Vaccination dr. Kristoforus Hendra Djaya SpPD menjelaskan kesadaran orang dewasa untuk melakukan vaksinasi masih rendah. Menurut Kristoforus, sebetulnya penyakit yang bisa diproteksi pada orang dewasa itu 100 kali lebih banyak dibandingkan pada anak.

"Jadi sebetulnya jika melindungi orang dewasa akan semakin banyak nyawa yang bisa dilindungi," katanya dalam seminar Vaksinasi 'Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati' di Jakarta.

Kristoforus menjelaskan vaksin untuk orang dewasa ada 16-17 vaksin dengan jadwal yang berbeda. Komposisi vaksin pria dan wanita sama saja, namun dibedakan oleh usia. Dengan divaksin, kata dia, maka tubuh akan membuat benteng pertahanan sebelum virus atau kuman masuk.

"Jadi tubuh membentengi, tentu bukan berarti kita tidak kena sama sekali. Tetap bisa kena virus, tapi kemungkinan jadi lebih kecil," ujarnya.

Kristoforus mendorong agar orang dewasa mulai sadar sejak saat ini pentingnya vaksinasi. Sebab, lanjutnya, mencegah lebih baik daripada mengobati.

"Memang imunisasi atau vaksinasi itu kan pencegahan, jadi ngomongin antisipasi sebelum trjadi, itu belum jadi budaya Indonesia. Maka harus bangun kesadaran untuk edukasi dan membudayakan yang harus diedukasi siapa," jelasnya.

Menurutnya, ada banyak faktor yang menyebabkan masih rendahnya angka vaksinasi di kalangan orang dewasa. Selain aksesnya yang masih relatif terbatas, tidak banyak fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksinasi secara lengkap.

"Akses untuk vaksin relatif masih susah. Belum lagi, layanan kesehatan yang belum bisa menyediakan jenis vaksinnya dengan lengkap, karena batas waktu dan penyimpanan vaksin yang terbatas," kata dr Kristoforus.

Selain itu, kata dia, kisaran harga jual yang terbilang relatif mahal menjadi faktor keengganan untuk melakukan vaksinasi secara lengkap.

"Terlebih, biayanya kerap tidak ditanggung oleh jaminan kesehatan. Makanya, masih sedikit orang yang melakukan vaksinasi secara lengkap," jelasnya.

Ini Daftar Vaksin Orang Dewasa yang Direkomendasikan :
1. Influenza
2. Tetanus, diphteria, pertusis
3. Varisela
4. Human Papiloma Virus (HPV) untuk Perempuan
5. Human Papiloma Virus (HPV) untuk laki-laki
6. Zoster
7. Measles/Campak, Mumps/Gondongan, dan Rubella/Campak Jerman
8. Pneumokokal Konjugat 13-valebt (PCV-13)/Pneumokok
9. Pneumokokal Polisaksarida (PPSV23)/Pneumokokok
10. Meningitis Meningokokal
11. Hepatitis A
12. Hepatitis B
13. Hepatitis A dan Hepatitis B (Kombinasi)
14. Hepatitis A dan Thypoid (Kombinasi)
15. Thypoid Fever (Demam Tifoid)
16. Yellow Fever (Demam Kuning)
17. Japanese Encephalitis (JE)
18. Rabies.

Tag : vaksin
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top