Jokowi Menanak Nasi di Pernikahan Kahiyang dan Bobby Nasution

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menanak nasi dalam prosesi adat Jawa saat pernilahan putrinya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang akan digelar di Graha Saba Buana Solo pada 8 November 2017.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 September 2017  |  06:36 WIB
Jokowi Menanak Nasi di Pernikahan Kahiyang dan Bobby Nasution
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait pernikahan anak keduanya Kahiyang Ayu di kediaman pribadi, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Minggu (17/9). Putri Presiden Joko Widodo Kahiyang Ayu akan menikah dengan Bobby Nasution pada 8 November 2017. - ANTARA/Mohammad Ayudha

Bisnis.com, SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menanak nasi dalam prosesi adat Jawa saat pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang akan digelar di Graha Saba Buana Solo pada 8 November 2017.

Menurut putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, upacara menanak nasi itu dalam bahasa Jawa disebut "Adang Pisan"

Menanak nasi merupakan awal dari prosesi pernikahan adat Jawa. Jokowi akan menyalakan api, dan Iriana yang menanak nasi, prosesi itu bermakna keduanya akan memikul beban bersama-sama agar kegiatan berjalan lancar.

“Prosesi dilanjutkan dengan acara siraman atau mandi dengan air yang diambil dari tujuh sumber mata air. Tujuh atau bahasa jawanya (pitu), artinya "pitulungan" agar mendapatkan pertolongan,” ujar Gibran di Solo, Selasa (26/0/2017).

Setelah itu, kata Gibran, prosesi dilanjutkan dengan acara siraman atau mandi dengan air yang diambil dari tujuh sumber mata air. Tujuh atau bahasa jawanya (pitu), artinya "pitulungan" agar mendapatkan pertolongan.

Acara dilanjutkan dengan mengendong Kahiyang, atau dalam Bahasa Jawa disebut "Bopongan" yang dilakukan oleh Jokowi.

Selama pernikahan, akan ada musik gamelandi dalam gedung maupun di luar, serta tarian Jawa yang akan dibawakan seniman dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jokowi

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top