Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aktor Ashraf Sinclair Galang Dana, Prihatin Pertunjukan Lumba-Lumba Keliling

Pertunjukan lumba-lumba keliling dilarang hampir di seluruh dunia karena dianggap mengancam secara psikis dan fisik hewan mamalia ini. Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang masih mengizinkan adanya pertunjukan lumba-lumba keliling.
Ramdha Mawaddha
Ramdha Mawaddha - Bisnis.com 27 September 2017  |  15:59 WIB
Penyanyi Bunga Citra Lestari dan suaminya, Ashraf Sinclair - Antara
Penyanyi Bunga Citra Lestari dan suaminya, Ashraf Sinclair - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pertunjukan lumba-lumba keliling dilarang hampir di seluruh dunia karena dianggap mengancam secara psikis dan fisik hewan mamalia ini. Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang masih mengizinkan adanya pertunjukan lumba-lumba keliling.

Isu ini mendorong aktor asal Malaysia Ashraf Sinclair melakukan penggalangan dana untuk konservasi lumba-lumba, tepat di ulang tahunnya ke-38 pada 18 September lalu. Ia mengajak publik melakukan penggalangan dana daring di laman Kitabisa.com untuk menyelamatkan lumba-lumba di Indonesia.

Ashraf menuturkan, negara lain telah memberlakukan larangan penggunaan lumba-lumba dalam sirkus keliling karena mengancam nyawa hewan mamalia tersebut.

"Di dalam sirkus lumba-lumba mereka dibiarkan lapar lalu diangkut di dalam truk yang sempit dan gelap. Karena itu, banyak lumba-lumba yang meninggal karena trauma dan stres. Bahan kimia yang digunakan di dalam kolam, seperti klorin, merusak mata mereka dan menyebabkan kebutaan," kata Ashraf dalam keterangan pers, Rabu (27/9/2017).

Pertunjukan sirkus lumba lumba/bbc.com

Menurut suami Bunga Citra Lesrari ini, di lautan lumba-lumba hidup berkelompok dan selalu bersama-sama dengan keluarganya. Sementara di sirkus, lumba-lumba hidup menyendiri alias tidak berkelompok.

"Terbayang bagaimana rasanya terpisah dari keluarga? Karena itu di momen ulang tahun yang ke-38, bolehkah saya minta hadiah? Bukan berupa kado tapi donasi untuk menyelamatkan lumba-lumba di Indonesia," pungkas Ashraf.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lumba-lumba
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top