Penyanyi Bunga Citra Lestari dan suaminya, Ashraf Sinclair/Antara
Entertainment

Aktor Ashraf Sinclair Galang Dana, Prihatin Pertunjukan Lumba-Lumba Keliling

Ramdha Mawaddha
Rabu, 27 September 2017 - 15:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pertunjukan lumba-lumba keliling dilarang hampir di seluruh dunia karena dianggap mengancam secara psikis dan fisik hewan mamalia ini. Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang masih mengizinkan adanya pertunjukan lumba-lumba keliling.

Isu ini mendorong aktor asal Malaysia Ashraf Sinclair melakukan penggalangan dana untuk konservasi lumba-lumba, tepat di ulang tahunnya ke-38 pada 18 September lalu. Ia mengajak publik melakukan penggalangan dana daring di laman Kitabisa.com untuk menyelamatkan lumba-lumba di Indonesia.

Ashraf menuturkan, negara lain telah memberlakukan larangan penggunaan lumba-lumba dalam sirkus keliling karena mengancam nyawa hewan mamalia tersebut.

"Di dalam sirkus lumba-lumba mereka dibiarkan lapar lalu diangkut di dalam truk yang sempit dan gelap. Karena itu, banyak lumba-lumba yang meninggal karena trauma dan stres. Bahan kimia yang digunakan di dalam kolam, seperti klorin, merusak mata mereka dan menyebabkan kebutaan," kata Ashraf dalam keterangan pers, Rabu (27/9/2017).

Aktor Ashraf Sinclair Galang Dana, Prihatin Pertunjukan Lumba-Lumba Keliling

Pertunjukan sirkus lumba lumba/bbc.com

Menurut suami Bunga Citra Lesrari ini, di lautan lumba-lumba hidup berkelompok dan selalu bersama-sama dengan keluarganya. Sementara di sirkus, lumba-lumba hidup menyendiri alias tidak berkelompok.

"Terbayang bagaimana rasanya terpisah dari keluarga? Karena itu di momen ulang tahun yang ke-38, bolehkah saya minta hadiah? Bukan berupa kado tapi donasi untuk menyelamatkan lumba-lumba di Indonesia," pungkas Ashraf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ramdha Mawaddha
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro