Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makan Kacang Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian yang dilansir di jurnal American College of Cardiology menunjukkan orang yang rutin memakan berbagai macam kacang, seperti walnut, kacang tanah, dan kacang pohon dapat menghambat kemungkinan terjadinya kasus penyakit jantung dibanding orang yang jarang makan kacang.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 06 Desember 2017  |  06:40 WIB
Aneka kacang sumber energi alami. - Istimewa
Aneka kacang sumber energi alami. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian yang dilansir di jurnal American College of Cardiology  menunjukkan orang yang rutin memakan berbagai macam kacang, seperti walnut, kacang tanah, dan kacang pohon dapat menghambat kemungkinan terjadinya kasus penyakit jantung dibanding orang yang jarang makan kacang.

Peneliti Harvard T.H Chan School, Shilpa Bhupathiraju mengatakan penelitian tersebut melibatkan 210.000 pekerja kesehatan.

Data 20 tahun berikutnya menunjukkan bahwa sebanyak 14.136 orang mengalami penyakit kardiovaskular, sementara 8.390 orang juga mengalami penyakit jantung koroner atau penyempitan arteri, dan 5.910 orang mengalami stroke.

Adapun responden yang memiliki kebiasaan makan 28 gram kacang-kacangan (satu porsi) dalam lima hari sepekan, sekitar 14% terhindar dari penyakit kardiovaskular dan 20% terhindar dari penyakit jantung koroner.

“Mengonsumsi berbagai macam kacang akan bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Namun, makan kacang jangan terlalu berlebihan. Selain itu, hindarilah kacang asin,” katanya seperti dikutip dari Reuters.

Menurutnya, kalori kacang sangat tinggi, maka harus dimakan dalam porsi kecil dan digunakan untuk mengganti protein lain, bukan untuk menjadi menu tambahan, apalagi jika Anda sedang diet.

Banyak penelitian sebelumnya yang telah menunjukkan bahwa khasiat kacang terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Untuk itu, memakan kacang-kacangan bisa menjadi alternatif cara untuk menghindari kedua penyakit tidak menular tersebut.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sakit jantung
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top