Dahsyatnya, 6 Manfaat Cinta untuk Kesehatan

Cinta dan kesehatan ternyata memiliki hubungan yang sangat unik. Tapi, dibutuhkan cinta yang stabil dan tenang untuk dapat bermanfaat bagi kesehatan.
JIBI | 21 Februari 2018 11:56 WIB
Ilustrasi kasih sayang - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Cinta dan kesehatan ternyata memiliki hubungan yang sangat unik. Tapi, dibutuhkan cinta yang stabil dan tenang untuk dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut editor Encyclopedia of Human Relationships, Harry Reiss, PhD, meskipun hasil penelitian umumnya berfokus pada pasangan suami istri, ia percaya bahwa cinta yang bisa menyehatkan juga bisa datang dari orang-orang sekitar, seperti keluarga dan teman.

Lalu, apa saja manfaat cinta untuk kesehatan?

Cinta membuatmu bahagia

Menurut Direktur the Empathy and Relational Science Program at Massachusetts General Hospital, Helen Riess, saat Anda jatuh cinta, hormon dopamin dalam tubuh yang bekerja untuk memicu perasaan senang akan lebih aktif.

Dengan kenaikan hormon yang dapat menguatkan suasana hati itu, Anda akan merasa lebih positif. Tidak hanya di awal, hormon dopamin bisa terus meningkat sejalan dengan perjalanan cinta Anda. Akan tetapi, hormon kortisol dan serotonin akan turun menjadi normal sehingga Anda bisa lebih tenang dan fokus dengan pasangan tanpa kehilangan percikan cinta.

 

 

Sumber : Tempo

Tag : cinta
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top