Sridevi/Istimewa
Entertainment

Sridevi Meninggal, Perdana Menteri India Berduka

Newswire
Senin, 26 Februari 2018 - 09:12
Bagikan

Bisnis.com, NEW DELHI - Aktris Sridevi yang dianggap sebagai bintang wanita Bollywood pertama, meninggal dunia di Dubai pada Sabtu (24/2/2018) malam akibat serangan jantung, demikian laporan media India setempat.

BACA : 5 Penampilan Sridevi Mengguncang Bollywood

Kematian Sridevi memicu ungkapan belasungkawa dan penghormatan dari tokoh-tokoh Bollywood dan Perdana Menteri Narendra Modi. Dari hasil pemeriksaan, ternyata kematian Sridevi bukan karena sakit jantung.

"Saya tidak dapat kata-kata. Turut berduka cita kepada semua orang yang mencintai Sridevi. Hari yang menyedihkan, beristirahatlah dengan tenang," ujar aktris Priyanka Chopra di twitter.

"Dia adalah seorang veteran industri perfilman, kariernya yang panjang mencakup beragam peran dan penampilan yang mengesankan," kata Modi dalam sebuah cuitan dari kantor Perdana Menteri India.

Sridevi meninggal pada usia 54 tahun. Dia hidup bersama suaminya, produser Boney Kapoor, dan anak perempuannya, Jhanvi dan Khushi. Dia berada di Dubai untuk menghadiri pernikahan keluarga.

SIMAK : Ini Rahasia Sridevi Masih Cantik di Usia 54 Tahun

Terlahir sebagai Shree Amma Yanger Ayyapan di Negara Bagian Tamil Nadu, India selatan, dia mulai berakting pada usia empat tahun tampil dalam beberapa film Tamil pada 1960-an dan 1970-an, dan akhirnya putus sekolah untuk berkarier di dunia perfilman.

Sridevi berperan dalam film-film Tamil, Malayalam, dan Telugu, bersama dengan aktor pria terkemuka seperti Kamal Haasan dan Rajinikanth.

Sridevi membuat debut Bollywoodnya pada 1979 dengan Film "Solva Sawan" (Musim Semi Ke-16), namun pada 1983, dengan Film "Sadma" (Syok) karya Balu Mahendra, dia membuat jejaknya dalam industri film Hindi.

Pada tahun yang sama, dia juga berakting dengan Jeetendra dalam film populer karya K Raghavendra Rao "Himmatwala" (Sang Pemberani) yang memperkuat posisinya sebagai salah satu aktris papan atas Bollywood.

Pada 1980-an dan 1990-an, dia memukau penonton dalam film-film wanita-sentris seperti "Chandni" (Cahaya Bulan) dan "Lamhe" (Momen), mendapat pujian dalam aktingnya di film komedi "Chaalbaaz" (Penipu) dan "Mr India" garapan Shekhar Kapur, memainkan karakter yang penuh semangat yang sangat kontras dengan tokoh wanita Bollywood tradisional.

Penampilannya yang terakhir adalah dalam "Mom" (Ibu) pada 2017 sebagai seorang ibu yang membalas dendam atas pemerkosaan putrinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro