Siapa Penyanyi Terpopuler Dunia Saat Ini?

Setiap musisi yang memasuki jalur mainstream untuk mempublikasikan karya-karya mereka pasti mendambakan pangsa pasar yang luas agar karya-karya mereka dapat didengar oleh lebih banyak orang. Apalagi, jika mereka menandatangani kontrak dengan label internasional.
Wike Dita Herlinda | 20 Maret 2018 21:59 WIB
Cherry Seaborn dan Ed Sheeran - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Setiap musisi yang memasuki jalur mainstream untuk mempublikasikan karya-karya mereka pasti mendambakan pangsa pasar yang luas agar karya-karya mereka dapat didengar oleh lebih banyak orang. Apalagi, jika mereka menandatangani kontrak dengan label internasional.

Menjadi pemusik terlaris di dunia adalah kebanggaan tersendiri, sekaligus pembuktian atas hasil kerja keras mereka di dunia musik. Lantas, siapakah musisi yang berhasil menggapai status tersebut untuk saat ini?

The International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) belum lama ini mengungkapkan sepanjang 2017 ada satu nama yang berhasil mencapai posisi world’s best-selling artist. Dia adalah Ed Sheeran, penyanyi dan penulis lagu asal Halifax, Inggris.

Di usia yang menginjak 27 tahun, Sheeran berhasil menjadi penyanyi terlaris di dunia berkat albumnya yang bertitel Divide dan dua singlenya yang berjudul Shape of You dan Perfect. Album Divide yang diluncurkan Maret 2017 berhasil meraih gelar multi-Platinum di 36 negara.

Adapun, Shape of You berhasil menduduki puncak tangga lagu paling laris terjual sepanjang tahun lalu, serta meraih sertifikasi multi-Platinum di 32 neagara. Ini adalah kali pertama dalam sejarah seorang musisi mendapat gelar best-selling dari album sekaligus singlenya secara bersamaan.

Sheeran adalah salah satu bukti kesuksesan musisi milenial yang dapat dimulai dari dunia maya. Dia adalah satu dari banyak musisi generasi muda zaman sekarang yang naik ke puncak sukses sejak 2009 dan 2010 setelah mengunggah karya-karyanya secara online.

Dalam siaran persnya, Chief Executive Warner Music Group Max Lousada mengatakan penyanyi berambut ginger dan dikenal pemalu itu adalah talenta yang cukup unik.

“Dia memiliki performa yang luar biasa, baik sebagai penulis lagu, vokalis, maupun penampil. Dia mampu menyampaikan cerita [melalui karyanya] dan menyentuh orag lain. Itu yang membuatnya menonjol dibandingkan musisi lain saat ini,” ujarnya.

Pencapaian Sheeran sebagai penyanyi terlaris di dunia tersebut semakin melengkapi kebahagiannya akhir-akhir ini. Setelah berulang tahun pada 17 Februari, belum lama ini dia mengumumkan pertunangannya dengan Cherry Seaborn yang dikenalnya sejak usia 11 tahun.

Menyusul Sheeran, penyanyi internasional yang didapuk menjadi best-selling artist pada 2017 berturut-turut sesuai peringkat adalah Drake lewat albumnya More Life, Taylor Swift melalui albumnya Reputation yang baru diluncurkan pada November tahun lalu.

Kendrick Lamar/ GRAMMY.com

Di posisi keempat hingga sepuluh, berturut-turut diduduki oleh Kendrick Lamar, Eminem, Bruno Mars, The Weeknd, Imagine Dragons, Linkin Park, dan The Chainsmokers.

Sementara itu, pada tahun sebelumnya, rekor sepuluh besar musisi terlaris di dunia dipegang oleh Drake, David Bowie, Coldplay, Adele, Justin Bieber, Twenty One Pilots, Beyonce, Rihanna, Prince, dan The Weeknd.

Tag : musik
Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top